Wisata

Wisata Gunung Taman Langit di Bondowoso, Sensasi Berwisata di Ketinggian

Minggu, 31 Januari 2021 - 21:44 | 110.34k
Pengunjung saat mengabadikan momen berwisata di Wisata Gunung Taman Langit di Desa Wonoboyo Kecamatan Klabang Kabupaten Bondowoso Jawa Timur (Foto: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
Pengunjung saat mengabadikan momen berwisata di Wisata Gunung Taman Langit di Desa Wonoboyo Kecamatan Klabang Kabupaten Bondowoso Jawa Timur (Foto: Moh Bahri/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Wisata di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur yang dikenal sebagai the highland paradise atau surga dataran tinggi, bukan hanya isapan jempol belaka. Salah satunya di Desa Wonoboyo Kecamatan Klabang. Desa ini memiliki potensi alam yang kaya dan menawan. Perbukitan yang tinggi kini disulap menjadi destinasi wisata Gunung Taman Langit.

Gunung Taman Langit lokasinya tidak jauh dari jalan raya Situbondo – Bondowoso. Dari Kecamatan Klabang hanya cukup menempuh jarak sekitar 8-10 Kilometer untuk sampai ke titik tujuan.

Destinasi wisata yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) ini menawarkan pesona dan keindahan alam yang eksotik. Disana pengunjung akan dimanjakan dengan pesona pegunungan di Bondowoso yang berbatasan dengan pegunungan Kabupaten Situbondo. 

Pengunjung bisa berswafoto di tempat yang sudah didesain menarik untuk kemudian diupload di medsos. Berfoto-foto bisa lebih asik jika bersama pasangan atau keluarga tercinta. 

Lokasinya yang berada di ketinggian dengan background pegunungan dan lahan pertanian milik warga tentu memberikan sensasi berbeda.

Tidak hanya menikmati pemandangan alam, pengunjung bisa menikmati kuliner lokal. Di bukit ini juga ada cafe dan resto yang menyediakan berbagai menu pilihan yang harganya tentu terjangkau. 

Sebagai kabupaten yang dikenal dengan sebutan Bondowoso Republik Kopi (BRK), tentu minuman andalan di wisata ini adalah Kopi Arabika Ijen-Raung. Makan-makan, sambil bercengkrama dengan suguhan bentangan alam yang begitu indah. Menjadi sensasi lain di destinasi wisata ini.

Kepala Desa Wonoboyo, Hj Tubaini mengatakan wisata milik desa tersebut dibangun atas inisiasi dirinya bersama para tokoh masyarakat dan peran pemuda untuk memanfaatkan lahan yang kurang produktif menjadi lahan yang punya sejuta manfaat.

“Wisata ini berdiri sejak tahun 2018 dengan modal awal yang sangat minim yakni sekitar Rp 60 juta," katanya.

Sejak dilaunching kata dia, wisata ini bisa menambah pendapatan hingga mencapai puluhan juta.

Perempuan asli Wonoboyo mengaku untuk pengoperasian saat ini terkendala pandemi Covid-19. Sudah masuk tahun kedua pengembangannya belum bisa terealisasi dengan maksimal. 

"Karena prioritas penggunaanya masih fokus pada bantuan tunai untuk masyarakat dan pemulihan ekonomi masyarakat desa," katanya, Minggu (31/1/2021).

Namun demikian, destinasi wisata Gunung Taman Langit ini masih bertahan di tengah pandemi. Pengunjung yang datang tidak hanya dari Bondowoso, akan tetapi dari luar daerah. "Pengunjung jika akan datang ke sini harus mematuhi protokol kesetahan dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan," imbaunya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES