Gaya Hidup

Tips Aman Berlibur Dimasa Pandemi Covid-19

Minggu, 31 Januari 2021 - 07:30 | 57.65k
D'Paragon Guesthouse Jogja (FOTO: Joko)
D'Paragon Guesthouse Jogja (FOTO: Joko)

TIMESINDONESIA, JAKARTABerlibur saat sejumlah batasan diberlakukan saat pandemi Covid -19? Tentu saja bisa. Ada sejumlah tips agar liburan Anda lancar dan aman.

1. Pilih lokasi berlibur di zona aman

Meski kasus Covid-19 telah menyebar ke hampir seluruh wilayah Indonesia. Namun, masih ada beberapa area yang masuk zona aman atau zona hijau. 

Selain itu juga bisa mencari area dengan tingkat kepadatan yang rendah serta lokasi yang memiliki banyak area terbuka. Dengan begitu, kita bisa dengan mudah melakukan physical distancing dengan wisatawan lain.

2. Hindari berlibur dengan rombongan

Kita harus tetap patuhi imbauan untuk tidak melakukan acara besar dan menghindari kerumunan.

Berlibur bersama keluarga maupun rekan satu rumah bisa menjadi solusi terbaik. Selain dapat mengurangi risiko penularan, dengan berlibur bersama rekan tertentu kamu pun bisa lebih dahulu memastikan riwayat kesehatannya.

3. Melakukan tes kesehatan

Kemudahan untuk melakukan tes Covid-19 saat ini dapat ditemukan di mana saja. Jadi, tak ada salahnya jika berlibur melakukan tes kesehatan lebih dahulu.

Meski perlu mengeluarkan bujet lebih, melakukan tes kesehatan tentu akan jadi salah satu cara efektif untuk mencegah penularan. Tak lupa, sepulang berlibur pun kita perlu kembali melakukan tes sehingga tidak membawa risiko pada orang lain.

4. Terapkan protokol kesehatan

Selama berlibur, pastikan agar kamu mematuhi setiap protokol. Mulai dari protokol di moda transportasi umum, akomodasi, hingga tempat wisata adalah beberapa tempat yang memiliki risiko penularan tinggi. Jadi, pastikan agar menerapkan protokol kesehatan.

Selain mematuhi aturan yang berlaku, tak ada salahnya untuk membuat protokol kesehatan bagi diri sendiri. Setidaknya bisa membatasi pertemuan dengan orang asing, menjaga jarak, hingga menggunakan masker dan alat pelindung diri lainnya.

5. Memilih akomodasi dengan perlindungan ekstra

Tahap memilih akomodasi saat pandemi tentu menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, kamu perlu memastikan akomodasi tersebut memiliki protokol baru yang dapat mengurangi risiko penularan para tamunya.

Untungnya, beberapa penginapan telah memberlakukan aturan new normal. Mulai dari menerapkan protokol kesehatan, memberikan perhatian ekstra pada kebersihan, hingga membatasi tamu adalah aturan yang dilakukan beberapa akomodasi.

Kebersihan tentu menjadi aspek yang paling diperhatikan di masa pandemi. Jadi, tak ada salahnya untuk memastikan aturan kebersihan apa yang berlaku pada akomodasi tujuan kita. Dengan begitu, tentu bisa lebih tenang selama berlibur.

Beberapa penginapan menawarkan dengan harga terjangkau pun turut menerapkan aturan new normal. Salah satunya, daftar penginapan murah dan aman di OYO Rooms. Saat ini OYO memiliki daftar hotel tersanitasi di berbagai kota Indonesia.

Jadi, rasa aman dan nyaman akan Anda rasakan saat Berlibur saat pandemi Covid-19. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES