Wisata

Wisata Sedekan River Tubing di Ciamis Perlu Penataan Serius

Minggu, 31 Januari 2021 - 01:41 | 61.60k
Wahana Tubing di Wisata Sedekan River Tubing. (Foto: Natasya/TIMES Indonesia)
Wahana Tubing di Wisata Sedekan River Tubing. (Foto: Natasya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIAMISWisata Sedekan River Tubing yang ada di Kampung KB Dusun Sedekan, Kecamatan Sadananya, Ciamis termasuk salah satu wisata yang menguji adrenalin. Ada beragam wahana yang disediakan seperti wahana Ayun Ambing, Flying Fox dan Tubing.

Meski memiliki beragam wahana, namun diperlukan penataan yang serius di kawasan wisata ini supaya semakin memberi keuntungan baik kepada pengunjung maupun pengelola.

"Wisata ini memang awalnya dibangun secara mandiri karena hobby. Jadi sampai saat ini, semua fasilitas dan penataan di sini masih bersumber dari biaya yang kami miliki. Maka, pengembangan dalam penataan wisata ini masih belum diselesaikan dengan baik dan cepat," jelas Elan Rahlan, ketua Kampung KB Dusun Sedekan sekaligus Ketua Karang Taruna Dusun Sedekan Unit Kerja 8 dan pengelola wisata ini.

Wisata ini dibangun dengan kerja sama antara Karang Taruna Dusun Sedekan Unit Kerja 8 dan Komunitas Tubing di Ciamis. Saat TIMES Indonesia mengunjungi tempat ini, fasilitas yang masih ditata yaitu beberapa naungan untuk bersantai dan berjualan.

"Naungan ini memang belum selesai sampai saat ini. Ini bisa juga untuk berjualan bagi masyarakat sini. Sehingga bisa membantu ekonomi dan memberdayakan masyarakat Dusun Sedekan," paparnya.

Menurutnya, memang wisata ini juga bertujuan untuk memberdayakan pemuda atau masyarakat di Dusun Sedekan.

"Banyak juga pemuda dan masyarakat di sini yang dilatih untuk menjadi pemandu profesional di sini, sehingga mereka bisa menjadi pemandu di wisata ini," tambahnya.

Selain itu, wisata ini juga membutuhkan kemudahan akses jalan agar semakin nyaman bagi pengunjung dan membuat jalan menuju wisata ini tidak licin lagi.

"Kalau akses jalan mudah, akan semakin banyak wisatawan juga dan pastinya itu membantu ekonomi masyarakat di sini juga," ungkapnya.

"Semoga pemerintah juga dapat membantu pengembangan penataan Wisata Sedekan River Tubing ini. Semoga wisata ini juga lebih banyak dikenal hingga ke luar kota," harapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES