Peristiwa Daerah

Hujan Deras Picu Tanah Longsor di Pesanggrahan Kota Batu

Sabtu, 30 Januari 2021 - 10:54 | 49.21k
Petugas BPBD Kota Batu membersihkan tanah longsor jalan Dusun Toyomerto, Desa Pesanggrahan bersama-sama warga. (BPBD Kota Batu for TIMESINDONESIA)
Petugas BPBD Kota Batu membersihkan tanah longsor jalan Dusun Toyomerto, Desa Pesanggrahan bersama-sama warga. (BPBD Kota Batu for TIMESINDONESIA)

TIMESINDONESIA, BATU – Hujan deras bercampur angin yang melanda Kota Batu sejak Jumat (29/1/2021) sore hingga Sabtu (30/1/2021) pagi mengakibatkan tanah longsor di jalan menuju Dusun Toyomerto, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu.

Longsoran tanah menutup satu-satunya akses yang menghubungkan Kota Batu dengan dusun penghasil susu sapi di Kota Batu ini. Kasi Logistik dan Kedaruratan BPBD Kota Batu, Achmad Choirul Rochiim membenarkan kejadian bencana tanah longsor ini.

"Saat ini Tim Reaksi Cepat BPBD Kota Batu bersama warga setempat melakukan penanganan secara manual untuk membersihkan material longsor, agar akses jalan segera bisa dilalui," kata Rochiim.

Saat ini petugas masih melakukan pembersihan tanah longsor. Pasalnya jalan ini sangat vital untuk warga dan roda perekonomian.

Setiap hari warga mengirim tangki susu ke Koperasi Unit Desa (KUD) Kota Batu yang selanjutnya harus dikirim ke Nestle. Jalan masuk ke dusun ini memang selain konturnya menanjak, di kanan kiri jalan terdapat tebing yang rawan longsor.

Lebih lanjut Rochiim menjelaskan prakiraan cuaca pagi hingga sore hari di Kota Batu hujan disertai angin. Suhu udara paling rendah 15 derajat celcius dengan kelembaban udara paling rendah 65 persen dengan angin mengarah dari Barat dengan kecepatan 5 hingga 40 km/jam. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES