Kesehatan UIN Malang

Ingin Diet Sehat? Simak Resep Dosen Gizi UIN Maliki Malang Ini

Sabtu, 30 Januari 2021 - 09:47 | 77.69k
Larasati Sekar Kinasih, S.Gz.,M.Gz, Dosen Pendidikan Kedokteran, Bidang Ilmu Gizi Klinik, UIN Maliki Malang. (Foto: Larasati Sekar Kinasih For TIMES Indonesia)
Larasati Sekar Kinasih, S.Gz.,M.Gz, Dosen Pendidikan Kedokteran, Bidang Ilmu Gizi Klinik, UIN Maliki Malang. (Foto: Larasati Sekar Kinasih For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Anda ingin diet tetapi tetap sehat? Larasati Sekar Kinasih, SGz,MGz selaku Dosen Pendidikan Kedokteran, Bidang Ilmu Gizi Klinik UIN Maliki Malang membagikan resepnya.

Diet penting dilakukan karena untuk mempertahankan kondisi kesehatan tubuh terutama kesehatan metabolik tubuh. Sesuai pesan gizi seimbang diet penting dilakukan untuk mempertahankan berat badan ideal dan nilai indeks massa tubuh (IMT) yang normal.

"Berdasarkan WHO, angka penderita DMT2 dan risiko kardiovaskular adalah masyarakat yang memiliki IMT lebih dari 25 kg/m2. Hal ini menunjukkan bahwa berat badan sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan seorang individu," ujarnya kepada TIMES Indonesia, Sabtu (30/1/2021).

Larasati Sekar menuturkan, di Indonesia diet yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes RI) adalah diet gizi seimbang. Konsumsi makanan dengan pola gizi seimbang harus memperhatikan empat prinsip dasar.

"Yaitu keanekaragaman pangan, aktivitas fisik yang teratur dan terukur, kebersihan diri dan lingkungan yang terjaga, serta pantau atau pertahankan berat badan ideal," imbuhnya.

Larasati Sekar menjelaskan, resep diet sehat yang ia anjurkan adalah sebagaimana yang di rekomendasi dari Kemenkes RI diatas dengan melakukan 4 prinsip dasar diet gizi seimbang.

Yang pertama, keanekaragaman pangan ini dapat dilakukan dengan minum air putih 8 gelas, konsumsi karbohidrat 2 sampai 3 porsi dalam sehari, 3 sampai 4 porsi sayuran, 2 sampai 3 porsi buah-buahan, 2 sampai 4 porsi protein, dan batasi gula, garam dan minyak misalnya, 4 sendok makan gula, 1 sendok teh garam dan 5 sendok makan minyak.

Yang kedua, untuk aktivitas fisik yang teratur dan terukur ini dapat dilakukan dengan menyapu, bersepeda, senam, berjalan, bermain sepak bola, dan kegiatan olah raga lainnya yang bisa membakar lemak.

Lalu untuk yang ketiga kebersihan diri ini dapat dilakukan dengan mencuci tangan. Dan untuk yang keempat mempertahankan berat badan ideal dapat dilakukan dengan memantau berat badan memakai timbangan.

Larasati Sekar juga menjelaskan, diet yang masih banyak orang keliru dalam melakukannya adalah dengan paradigma diet sebagai diet penurunan berat badan. Hal tersebut perlu diluruskan kembali. Diet tidak hanya mengenai penurunan berat badan.

Dalam praktiknya, jika seseorang melakukan diet dengan lebih banyak mengikuti cara para influencer yang bahkan tidak memiliki background ahli gizi atau kesehatan, maka banyak hal yang perlu dipertimbangkan, seperti tujuan diet, berat badan, tinggi badan, usia, jenis kelamin, aktivitas sehari-hari, memiliki penyakit penyerta atau tidak, juga kebiasaan makan.

Ketika akan memutuskan diet, kenalilah kondisi tubuhmu, kenalilah apa yang dibutuhkan oleh tubuhmu, kenalilah makanan dan kandungan gizinya, serta jangan lupa berkonsultasi dengan ahlinya, seorang ahli gizi.

"Serta ingat pepatah lama, You are what you eat. Yang dapat diartikan kandungan gizi makanan yang masuk dalam tubuhmu, akan mempengaruhi kesehatanmu," pungkas Dosen Gizi FKIK UIN Maliki Malang ini membagikan resep diet sehat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES