Pendidikan

Pengalaman Kekinian Kunjungi Pameran Pendidikan di Tengah Pandemi

Sabtu, 30 Januari 2021 - 08:35 | 140.45k
Pengalaman Kekinian Kunjungi Pameran Pendidikan di Tengah Pandemi
Calon pengunjung ‘Satu Klik, Aku Pintar Virtual Edu-Expo 2021’ saat melakukan registrasi, Sabtu (30/1/2021).(Dok.Aku Pintar Indonesia)
Pewarta: | Editor: Ronny Wicaksono

TIMESINDONESIA, JAKARTA – PT Aku Pintar Indonesia didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud RI) menggelar pameran pendidikan virtual ‘Satu Klik, Aku Pintar Virtual Edu Expo 2021’ pada 6-7 Februari 2021 mendatang.

Pameran ini merupakan salah satu solusi dan inovasi dalam memberikan informasi pendidikan dengan cara baru di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Bertema ‘Energizing Dreams: Pemanfaatan Teknologi Sebagai Solusi Akselerasi Pendidikan di Indonesia’, Virtual Edu Expo menawarkan pengalaman kekinian dalam mengunjungi pameran pendidikan yang aman, nyaman, dan gratis serta dapat diakses pengunjung dari mana saja mereka berada.

Pameran tersebut melibatkan puluhan universitas terkemuka atau lembaga pendidikan dan dapat diakses secara gratis melalui laman expo aku pintar.

Selain pameran pendidikan, para pengunjung dapat mengikuti berbagai talkshow dengan narasumber inspiratif, konsultasi pendidikan, kompetisi cerdas cermat SMA virtual, serta permainan berhadiah jutaan rupiah.

Lutvianto Pebri Handoko, CEO dan Co-Founder Aku Pintar mengatakan bahwa pameran virtual ini merupakan solusi dan inovasi penyelenggaraan pameran pendidikan di masa pandemi.

"Satu Klik, Aku Pintar Virtual Edu Expo 2021 adalah solusi yang kami hadirkan untuk menjawab kebutuhan akan informasi pendidikan yang biasanya didapat melalui pameran pendidikan konvensional," ujar Pebri, Sabtu (30/1/2021).

"Dalam pameran virtual tentu kemudahan akses menjadi poin penting, sehingga kami sangat concern bagaimana para pengunjung mendapatkan kemudahan saat akses masuk serta berselancar di laman expo aku pintar id nanti. Kami ingin menghadirkan pengalaman baru bagi pengunjung yang tentunya fresh dan menyenangkan," lanjutnya.

Mekanisme Registrasi dan Pengumpulan Poin Berhadiah Jutaan Rupiah

Pengunjung cukup mengakses https://expo.akupintar.id/ untuk melakukan registrasi secara gratis dan melihat jadwal kegiatan yang diadakan. Akan terdapat ruang-ruang pada laman web, dan pengunjung cukup meng-klik ruangan tersebut untuk mengeksplorasi Virtual Edu-Expo.

Semisal untuk menonton talkshow, kita cukup memilih thumbnail ruang auditorium, kemudian akan di-hiperlink-kan ke video/live streaming yang menayangkan program tersebut.

Kemudian untuk akses informasi mengenai universitas, pengunjung bisa meng-klik booth-booth dari puluhan universitas terkemuka atau lembaga pendidikan yang ambil bagian di pameran virtual ini. Pengunjung dapat mengunduh brosur serta melakukan konsultasi pendidikan.

Satu Klik, Aku Pintar Virtual Edu-Expo 2021 juga menghadirkan aktivitas gratis berhadiah jutaan rupiah berupa e-money bagi pengunjung.

Pengunjung dapat mengumpulkan poin dari setiap aktivitas yang diikuti selama pameran berlangsung seperti mengunjungi booth, menonton talkshow, mengunduh brosur, dan ragam aktivitas lainnya.

Satu-Klik-2.jpg

Selain itu, poin didapat dengan mengikuti permainan yang berlangsung seperti mengumpulkan item (scavanger hunt) serta permainan lainnya. Sepuluh orang pemuncak leaderboard atau pengumpul poin terbanyak akan mendapatkan hadiah total jutaan rupiah berupa e-money.

Universitas Brawijaya Malang, sebagai salah PTN yang bergabung pada pameran pendidikan virtual ini mengungkapkan pentingnya pemanfaatan teknologi bagi promosi Universitas.

Kondisi pandemi dan perkembangan dunia milenial saat ini, menjadikan promosi dan informasi harus memanfaatkan teknologi digital. Karena cara ini cepat, praktis, dan dapat diakses kapan saja melalui gadget masing-masing.

"Semoga dengan adanya 'Satu Klik Aku Pintar Virtual Edu Expo' sudah tidak ada lagi mis-informasi yang beredar, karena calon mahasiswa dapat memahami kondisi masing-masing Universitas langsung dari sumbernya," ujar Heri Prawoto Widodo, S.Sos, MAB., Koordinator Bagian Perencanaan, Akademik dan Kerjasama Universitas Brawijaya Malang.

Senada dengan hal tersebut, Christine Aprilia Panjaitan S.Sos., Staff Marketing BINUS University merasa terbantu dengan adanya pameran pendidikan virtual ini. Ia mengaku sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan ‘Satu Klik Aku Pintar Virtual Edu Expo’ yang menjadi solusi di tengah batasan untuk dapat bertatap muka dengan para calon mahasiswa.

"Expo ini sangat membantu calon mahasiswa dan perguruan tinggi yang ingin menyampaikan keunggulan Universitas masing-masing. Semoga kegiatan ini dapat membantu calon mahasiswa dalam memilih kampus yang sesuai dengan passion, kebutuhan, serta peminatan masing-masing," ujar Christine.

Ragam Talkshow Bersama Narasumber Inspiratif

‘Satu Klik, Aku Pintar Virtual Edu Expo 2021’ menghadirkan beragam talkshow gratis dari tanggal 6-7 Februari 2021 dengan narasumber inspiratif mulai dari pakar pendidikan, pakar marketing millennial, psikolog, pakar IT serta anak-anak muda berprestasi di kancah global.

Salah satu narasumber yakni penasihat pendidikan, Prof. Dr. H. Arief Rachman, M.Pd  yang akan membahas ‘Tren Pendidikan Indonesia’ pada Sabtu, 6 Februari 2021. Selain itu akan hadir juga Mochamad James Falahudin sebagai co-founder dari Aplikasi Ayo Jaga TPS dengan tema ‘Teknologi Masa Depan dan Kesiapan SDM Indonesia’.

Founder Kitajuara.id, Zivanna Letisha Siregar akan turut mengisi sesi talkshow di Minggu, 7 February 2021 dengan tema ‘Semua Usaha Pada Akhirnya Tidak Sia-Sia’.

Akan hadir juga Gracia Josaphat Jobel Mambrasar, founder Yayasan Kitong Bisa-Staff Khusus Presiden RI, yang akan berbagi cerita mengenai ‘Kiprah Anak Negeri di Kancah Internasional’.

Para narasumber yang juga sesama anak muda ini membuktikan bahwa kesuksesan seseorang tidak dibatasi oleh usia, bahasa, dan keterbatasan finansial.

Talkshow yang juga menjadi yang paling dinanti khususnya oleh anak muda atau pelajar adalah ‘Kepoin Profesi Masa Depan’.

Dalam talkshow ini akan dihadirkan pembicara dari pelaku usaha digital yang membahas trend profesi serta potensi karir kedepan, khususnya profesi Data Scientist dan UI/UX Designer.

Seperti yang dilansir oleh World Economic Forum (WEF) dalam laporan "Jobs of Tomorrow 2020" pada Januari 2020, menjelaskan kalau pekerjaan masa depan akan lebih banyak meliputi pekerjaan yang bisa mengombinasikan peran antara digital dengan faktor manusia.

Gracia Josaphat Jobel Mambrasar atau yang akrab disapa Billy, menyampaikan apresiasinya kepada Aku Pintar atas kegiatan talkshow inspiratif ini.

Ia menyatakan pada 2045 nanti, kita akan menuju generasi emas Indonesia. Dan diperkirakan pada 2030, Indonesia akan menjadi 5 negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia. Tentu hal ini harus diimbangi dengan kekuatan SDM-nya juga.

"Seperti di talkshow ini, kita menyemangati adik-adik kita untuk gigih menuntut ilmu yang terbaik sehingga nanti dapat kembali untuk membangun tanah air. Saya harap kisah saya dapat memotivasi anak muda semua bahwa tidak ada yang tidak mungkin," ujar Billy.

Kompetisi Cerdas Cermat untuk Siswa siswi se Indonesia

‘Satu Klik, Aku Pintar Virtual Edu Expo 2021’ juga menggelar kompetisi cerdas cermat virtual pertama di Indonesia yang diikuti oleh pelajar setingkat SMA dari seluruh Indonesia. Diikuti oleh 48 sekolah.

Kompetisi ini berlangsung dari 23 Januari hingga 7 Februari 2021. Tahapan seleksi atau babak awal diadakan pada 23-24 Januari dan 30-31 Januari 2021. Tahap semi final dan grand final masing-masing diadakan pada 6 dan 7 Februari 2021.

Kompetisi Adu Pintar Pelajar adalah kompetisi cerdas cermat untuk siswa–siswi seIndonesia yang merupakan kolaborasi Aku Pintar bersama Indonesia Student and Youth Forum (ISYF).

Peserta akan memperebutkan hadiah total sebesar Rp 6 juta untuk 3 kelompok pemenang. Ada 4 mata pelajaran utama yang dilombakan yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Sejarah. Kemudian opsi untuk satu mata pelajaran special yang soalnya akan muncul secara acak adalah Kimia, Biologi, dan Fisika.

Melalui kolaborasi ini, ISYF sebagai organisasi non-profit yang sudah 12 tahun berfokus dalam pengembangan dan pemberdayaan anak muda di Indonesia, ingin lebih luas lagi menyebarkan manfaat. Kolaborasi program Adu Pintar Pelajar merupakan kerja sama kedua yang dilakukan ISYF dengan Aku Pintar.

"Seperti biasanya, harapan dari kolaborasi ini yaitu untuk menjalin silaturahmi serta memberikan manfaat yang lebih luas dan merata. Kami percaya bahwa dengan adanya kolaborasi kita dapat melakukan hal besar yang berdampak positif khususnya untuk anak muda di Indonesia," ujar Alghi Mustika Luthfi, Direktur Eksekutif ISYF.

"Semoga dengan adanya Adu Pintar Pelajar ini, kami bisa memberikan semangat serta energi positif kepada pelajar di Indonesia agar terus belajar dan melakukan hal positif yang dapat menambah wawasan serta pengembangan diri di era pandemi," harap Alghi mengapresiasi pameran pendidikan virtual yang digelar Aku Pintar dan Kemendikbud RI. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Rizal Dani

EKORAN

TERBARU

  • Arti Kode ACAB dan 1312 Gate 13 Stadion Kanjuruhan
    Arti Kode ACAB dan 1312 Gate 13 Stadion Kanjuruhan
    05/10/2022 - 05:17
  • Confidental Assignment 2 International: Lakon Aksi Komedi Makin Menarik
    Confidental Assignment 2 International: Lakon Aksi Komedi Makin Menarik
    05/10/2022 - 03:25
  • Apang Pella, Kue Khas Bugis Mulai Menjamur di Kota Tasikmalaya
    Apang Pella, Kue Khas Bugis Mulai Menjamur di Kota Tasikmalaya
    05/10/2022 - 00:20
  • Bobotoh Aswaja Kota Banjar Doa Bersama untuk Korban Kanjuruhan
    Bobotoh Aswaja Kota Banjar Doa Bersama untuk Korban Kanjuruhan
    04/10/2022 - 23:17
  • Bertabur Mawar dan Cahaya Lilin, Suporter Madiun Gelar Doa Bersama untuk Korban Kanjuruhan
    Bertabur Mawar dan Cahaya Lilin, Suporter Madiun Gelar Doa Bersama untuk Korban Kanjuruhan
    04/10/2022 - 22:50

TIMES TV

Jelajah Kopi Nusantara: Kopi Taji Dulu Kini dan Nanti

Jelajah Kopi Nusantara: Kopi Taji Dulu Kini dan Nanti

11/08/2022 - 17:08

Aremania Jemput Juara Piala Presiden 2022

Aremania Jemput Juara Piala Presiden 2022
Mengenang Sejarah Nabi di Jabal Uhud

Mengenang Sejarah Nabi di Jabal Uhud
Friendly Match PSIS vs Arema FC, Suporter Nyanyi ke Stadion Lagi

Friendly Match PSIS vs Arema FC, Suporter Nyanyi ke Stadion Lagi
Petugas Haji Gelar Gladi Posko, Siap Sambut JCH Indonesia

Petugas Haji Gelar Gladi Posko, Siap Sambut JCH Indonesia

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Stop Tragedi Kemanusiaan Atas Nama Sepak Bola
    Stop Tragedi Kemanusiaan Atas Nama Sepak Bola
    04/10/2022 - 14:26
  • Nasihat Seorang Ibu:
    Nasihat Seorang Ibu: "Jangan Nonton Sepak Bola Nak...."
    04/10/2022 - 13:33
  • Nyawa Lebih Berharga Dari Pada Sepak Bola
    Nyawa Lebih Berharga Dari Pada Sepak Bola
    04/10/2022 - 12:55
  • Tragedy Kanjuruhan Malang
    Tragedy Kanjuruhan Malang
    04/10/2022 - 11:14
  • Bangun Sportifitas Olahraga di Tengah Euforia Usainya Pandemi
    Bangun Sportifitas Olahraga di Tengah Euforia Usainya Pandemi
    04/10/2022 - 00:32
  • Ingatan 30 September,
    Ingatan 30 September, "PKI No dan Komunis Yes"
    03/10/2022 - 17:35
  • Merawat Budaya Leluhur adalah Bagian dari Nasionalisme
    Merawat Budaya Leluhur adalah Bagian dari Nasionalisme
    03/10/2022 - 17:34
  • Capaian Transformasi Melalui Transaksi Digital di Pulau Sumba
    Capaian Transformasi Melalui Transaksi Digital di Pulau Sumba
    03/10/2022 - 15:39

KULINER

  • Apang Pella, Kue Khas Bugis Mulai Menjamur di Kota Tasikmalaya
    Apang Pella, Kue Khas Bugis Mulai Menjamur di Kota Tasikmalaya
    05/10/2022 - 00:20
  • Hangatkan Tubuh dengan Peuyeum Bandung, Yuk Rasakan Nikmatnya
    Hangatkan Tubuh dengan Peuyeum Bandung, Yuk Rasakan Nikmatnya
    30/09/2022 - 06:04
  • Menyicip Kuliner Nasi Ayam Kungpao dan Nasi Ayam Rempah ala Depot 2 Legenda
    Menyicip Kuliner Nasi Ayam Kungpao dan Nasi Ayam Rempah ala Depot 2 Legenda
    29/09/2022 - 04:38
  • 6 Jajanan Berbahan Aci yang Enak di Bandung
    6 Jajanan Berbahan Aci yang Enak di Bandung
    29/09/2022 - 02:21
  • Ulen Juara, Jajanan Tradisional Rasa Kekinian
    Ulen Juara, Jajanan Tradisional Rasa Kekinian
    26/09/2022 - 16:32