Peristiwa Daerah

Limbah Pabrik Sumpit Cemari Lahan Pertanian di Bondowoso

Jumat, 29 Januari 2021 - 20:30 | 70.12k
Limbah Pabrik pembuatan sumpit PT Bonindo mencemari aliran air yang digunakan untuk mengairi sawah warga. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Limbah Pabrik pembuatan sumpit PT Bonindo mencemari aliran air yang digunakan untuk mengairi sawah warga. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Petani di Desa Pekauman,  Kecamatan Grujugan, Bondowoso, Jawa Timur khawatir dengan adanya  limbah pabrik yang mencemari air yang dipakai untuk mengairi sawah mereka. Limbah itu diduga dari pabrik pembuat sumpit, PT Bonindo Abadi.

Salah seorang warga sekaligus tokoh masyarakat, Ali Rohbini menjelaskan, aliran air dari limbah pabrik tersebut berbusa dan berwarna hitam. 

"Baunya juga menyengat. Banyak warga yang mengeluhkan limbah ini. Yang dikeluarkan dari pabrik itu,” jelasnya.

Menurutnya, limbah itu juga mengalir ke selokan lahan pertanian warga. Selanjutnya warga setempat pun memberikan peringatan dengan mengirim petisi. Surat tersebut ditandatangani 100 warga yang terdampak aliran limbah pabrik tersebut.

"Surat keberatan itu sudah dikirimkan kepada pabrik terkait, dengan tembusan bupati, OPD terkait, aparat yang berwenang dan Muspika setempat," paparnya.

Warga lain, Nurhasan mengatakan bahwa limbah pabrik itu menyebabkan  sumur warga tidak bisa dipakai saat musim kemarau karena airnya berwarna hitam keruh

"Area persawahan milik warga saluran airnya berubah menjadi hitam dan kuning," terangnya saat dikonfirmasi.

Sementara itu Kasatreskrim Polres Bondowoso, AKP Agung Ari Wibowo mengatakan, pihaknya sudah melakukan penyelidikan langsung ke lokasi dan mengambil sample limbah.

"Nantinya sample limbah itu aka diuji di laboratorium. Nanti hasilnya seperti apa, akan kami kabarkan kembali,” terangnya.  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES