Gaya Hidup

Agar Tetap Awet, Begini Cara Rawat Sepeda saat Musim Hujan

Sabtu, 30 Januari 2021 - 05:15 | 59.15k
Sepeda. (superadventure.co.id)
Sepeda. (superadventure.co.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat musim hujan, sepeda harus mendapatkan perawatan ekstra ya. Jika tidak sepeda dapat cepat rusah atau performanya menurun. 

Minimal sih jangan malas cuci sepeda jika habis dipakai becek-becekan ya. 

Nah bagaimana cara merawat sepeda yang benar? 

1. Cuci dengan benar

Cuc sepeda dengan benar. Perhatikan bagian-bagian pada sepeda, terutama rantau dan ban sepeda. Kedua bagian tersebut paling kotor jika bersepeda saat hujan. Sikat ban hingga tak ada lagi kotoran yang menempel. Sedangkan untuk ramtai dapat dibersihkan menggunakan sikat khusus atau sikat gigi bekas. Jangan lupa pedal sepeda juga ya. 

2. Rawat rantai sepeda

Saat musim hujan sebaiknya berikan pelumas basah pada rantai. Pelumas jenis ini cocok untuk dipakai saat kondisi basah, karena sifatnya dapat menahan air. Tak hanya rantai, bearing pada headset, braket bawah, pulley, dan hub juga perlu diberi pelumas

3. Turunkan tekanan ban

Menurunkan tekanan udara pada ban dapat menjaga traksi ban dengan permukaan jalan. Menggunakan ban tubeless juga bisa mencegah ban dalam terjepit ke pelek apabila tekanan diturunkan, dan ban mengalami benturan.

Selain itu, mengganti ban ke ukuran lebih lebar juga bisa memberikan kontak lebih baik antara ban dan permukaan jalan.

4. Perhatikan sistem pengereman

Pastikan sistem pengereman tetap bekerja dengan baik. Untuk menghilangkan kelembapan akibat air hujan pada bantalan rem, pesepeda bisa menarik tuas rem bebeberapa kali. Sepeda dengan rem cakram mungkin tak terlalu memusingkan ini karena sifat remnya yang lebih tahan terhadap kondisi basah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES