Kuliner

Cara Pintar Memasak Sup Ikan Anti Amis, Bumbu Harus Melimpah

Sabtu, 30 Januari 2021 - 02:34 | 49.51k
Sup ikan yang segar tidak amis (FOTO: Virny Apriliyanty)
Sup ikan yang segar tidak amis (FOTO: Virny Apriliyanty)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ikan salah satu bahan makanan yang tak hanya digoreng atau dibakar saja. Ikan juga enak dibuat sup lho. Sayangnya banyak orang yang enggan membuat sup ikan, karena bau amis.

Padahal jika benar mengolahnya, kaldu dari sup ikan nggak kalah segarnya dengan kaldu daging maupun ayam kampung. 

Lantas bagaimana cara mengolah ikan menjadi sup agar tak meninggalkan aroma amis? 

1. Pastikan ikan segar

Pastikan ikan yang dibeli masih segar ya. Perhatikan mata dan insang ikan. Jika mata masih bening dan insang masih merah tandanya ikan masih segar.  

2. Cuci bersih ikan

Langkah pertama untuk mendapatkan sup ikan yang enak, adalah mencuci ikan dengan benar. Cuci dengan air mengalir. Pastikan organ dalam ikan sudah dibuang. Jauh lebih baik jika perut ikan dibelah agak lebar sehingga dapat dibersihkan secara maksimal. 

Jangan lupa bagian kepala juga dibersihkan. Insang dibuang saja. Jika kepala berukuran besar dapat dibelah menjadi dua bagian. 

3. Rendam dengan air lemon

Senjata ampuh untuk menghilangkan bau amis pada ikan adalah direndam menggunakan air lemon. Rendam setidaknya 30 menit. Lalu bilas lagi dengan air sebelum ikan diolah. 

4. Bumbu yang melimpah

Saat memasak sup ikan, jangan pelit dengan bumbu ya. Bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, lengkuas, serai dan lainnya dapat mengalahkan bau amis ikan. Jangan lupa tumis bumbu sampai benar-benar matang ya. Aroma bumbu yang sedap tandanya bumbu sudah matang, dan ikan siap dimasak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES