Gaya Hidup

Mengenal Barramundi, Kakap Putih Predator Ganas yang Kaya Manfaat 

Sabtu, 30 Januari 2021 - 04:09 | 382.24k
Barramundi atau kakap putih. (abc news)
Barramundi atau kakap putih. (abc news)

TIMESINDONESIA, JAKARTABarramundi, salah satu jenis ikan yang menjadi sasaran para penghobi pancing. Ikan yang juga disebut kakap putih ini tersebar luas di wilayah Indi-Pasifik Barat, mulai dari Telu Persia hingga Australia, termasuk Indonesia. 

Nama barramundi berasal dari bahasa Aborigin, Australia. Namun punya nama yang berbeda-beda disetiap negara. Misalnya di Indonesia disebut kakap putih, di Malaysia disebut siakap, di Thailand Pla Kaping dan si Singapura Sea Bass. 

Ikan ini sebenarnya adalah predator ganas, meski tak punya gigi yang tajam. Ia mengandalkan rahang yang lebar dan kuat untuk memangsa. Tubuhnya besar dan panjang, tampak gagah. 

Barramundi adalah ikan omnivora, karena memakan segala yang ada di air. Mulai dari krustasea, moluska, ikan kecil, udang termasuk zooplankton. 

Barramundi senang diperairan pantai, muara, laguna dan sungai-sungai yang bermuara langsung ke laut. 

Kini banyak yang membudidayakan kakap putih atau barramundi. Sebab banyak yang suka dengan daging barramundi. Teksturnya lembut dan rasanya cenderung manis.

Ikan ini mengandung aneka vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Termasuk antioksidan, kalsium dan fosfor. Kakap putih dianjurkan dikonsumsi bagi mereka yang beru menjalani operasi. Selain itu rutin mengonsumsi Barramundi juga dapat menjaga kesehatan jantung, mata, dan kelembutan kulit. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES