Gaya Hidup

Agar Tetap Keren, Begini Cara Rawat Jaket Jeans

Jumat, 29 Januari 2021 - 06:11 | 87.49k
Jaket jeans. (FOTO: Hipwee)
Jaket jeans. (FOTO: Hipwee)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Memakai jaket jeans memang keren ya. Jeans sendiri merupakan suatu produk (celana) yang terbuat dari bahan denim. 

Bahan denim terbuat dari material kain yang kuat dari bahan cotton twill. Permukaannya mirip seperti karpet tetapi lebih tipis dan halus. 

Pada awalnya denim hanya memiliki 1 warna saja, yaitu warna Indigo, tetapi seiring perkembangan zaman saat ini kita bisa melihat warna-warna denim yang sudah mulai beracam-macam.

Seiring berjalannya waktu, denim diproduksi menjadi berbagai item fashion, tak hanya celana saja tetapi juga jaket. 

Harga yang dibandrol untuk pakaian berbahan denim ini sebenarnya tak murah ya. Itu karena bahan ini cukup tebal sehingga awet digunakan. 

Namun jika salah merawatnya, bahan denim bisa lekas pudar warnanya alias belel. 

1. Jangan dicampur

Saat mencuci bahan denim, sebaiknya tidak dicampur dengan pakaian atau bahan kain yang lain. Terlebih jika Anda mencuci menggunakan mesin cuci. Sebab bahan denim ang tebal membutuhkan ruang yang lega untuk berputar dalam mesin. 

Jika mencuci manual menggunakan tangan rendam cucian minimal 15 menit agar kotoran dapat terangkat. Hidari menyikat jaket ya, karena itu dapat membuat jaket jeans Anda cepat belel. 

2. Jangan disikat

Saat mencuci perhatikan bagian kecil di jaket, seperti kancing, atau saku. Buka saku dan lipat ke luar, sikat menggunakan sikat gigi bekas, agar kotoran dalam saku dapat dengan mudah dikeluarkan. 

3. Pakai air biasa

Hindari mencuci jaket jeans dengan air hangat. Cukup menggunakan air suhu biasa saja ya.

4. Jemur

Hati-hati saat menjemur bahan denim. Sebaiknya jangan dijemur di bawah sinar matahari langsung. Paparan sinar matahari dapat membuat jaket jeans kesayangan Anda cepat pudar warnanya. 

Disarankan pula untuk tidak menggunakan mesin pengering. Sebab putaran mesin dapat membuat bahan denim menyusut dan berubah bentuk. 

Jadi sebaiknya menjemur jaket jeans menggunakan hanger dan diangin-anginkan saja ya. 

5. Setrika

Setrika jaket jeans dari bagian dalam. Panas dari setrika lambat laun dapat mengubah warna jaket jeans kesayangan Anda lho. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES