Peristiwa Daerah

Tiga Rumah di Kabupaten Malang Rusak Tertimpa Tanah Longsor

Kamis, 28 Januari 2021 - 15:23 | 37.10k
Kondisi lokasi tanah longsor di Desa Blayu, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang, (FOTO: BPBD kabupaten Malang)
Kondisi lokasi tanah longsor di Desa Blayu, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang, (FOTO: BPBD kabupaten Malang)

TIMESINDONESIA, MALANG – Sebanyak tiga rumah di Dusun Pijetan, RT 24 RW 06, Desa Blayu, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang,  tertimpa tanah longsor akibat hujan deras yang terjadi Rabu (27/1/2021) malam. 

Selain itu, ada beberapa rumah di atas tebing yang juga terancam rusak apabila terjadi bencana longsor susulan. Plt Kabid Kedaruratan BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan menjelaskan terkait bencana longsor tersebut. 

"Longsor terjadi akibat hujan deras seharian kemarin hingga malam hari," ujarnya kepada TIMES Indonesia, Kamis (28/1/2021). Lebih lanjut dia mengatakan tidak ada korban jiwa akibat bencana tanah longsor itu.

"Jumlah keluarga yang menghuni ketiga rumah tersebut totalnya ada 7 orang. Kini mereka mengungsi ke rumah saudaranya yang berada di lokasi aman," terangnya. 

Menurutnya, ketinggian tebing yang longsor tersebut diperkirakan mencapai 25 meter. Hingga saat ini petugas, yang terdiri dari BPBD Kabupaten Malang, Muspika Wajak, Tagana, dan PMI Kabupaten Malang masih melakukan evakuasi di lokasi kejadian.

"Warga setempat sempat sebenarnya ada rencana swadaya untuk rencana pengecoran tebing itu, namun sebelum terealisasi tebingnya sudah longsor tadi malam itu," sebutnya. 

Dia menyebutkan, kerugian atas bencana longsor ini diperkirakan mencapai Rp 200 juta. "Kami juga mendata kebutuhan mendesak lainnya adalah terpal untuk menutupi rumah warga yang rusak akibat longsor," tuturnya. 

Selanjutnya dia mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Malang yang berada di wilayah rawan tanah longsor agar lebih waspada lagi, mengingat curhat hujan masih tinggi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES