Peristiwa Daerah

Tanpa Hasil Pasca 7 Hari Pencarian, Basarnas Cilacap Tutup Operasi SAR di Kebumen

Rabu, 27 Januari 2021 - 18:40 | 49.16k
Operasi SAR Gabungan ditutup setelah tujuh hari pencarian tak membuahkan hasil. (FOTO: Humas SAR Cilacap for TIMES Indonesia)
Operasi SAR Gabungan ditutup setelah tujuh hari pencarian tak membuahkan hasil. (FOTO: Humas SAR Cilacap for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KEBUMEN – Setelah pencarian selama 7 hari namun tak menemukan korban tenggelam di bedahan laut perbatasan Desa Tanggulangin dan Jogosimo, Kecamatan Klirong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Basarnas Cilacap menutup Operasi SAR Gabungan, Rabu (27/1/2021) pukul 16.00 WIB. 

Hal itu ditegaskan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP/Basarnas) Cilacap, I Nyoman Sidakarya.

"Pencarian hari ketujuh pada Rabu (27/1/2021) pukul 08.00 WIB sudah kita lakukan sesuai rencana, yaitu penyisiran darat dari lokasi kejadian ke arah barat dan timur sejauh 8 kilometer, dan penyisiran laut menggunakan perahu karet sejauh 8 nauthical miles, namun belum juga membuahkan hasil," ucapnya.

Operasi SAR Gabungan b

Menurut Nyoman, operasi ditutup dengan pertimbangan sudah tidak ada tanda-tanda korban akan ditemukan, dan sesuai SOP (Standar Operasi Prosedur) Operasi SAR di mana apabila setelah tujuh hari dilakukan pencarian tidak menemukan hasil.

"Jika setelah Operasi SAR ini ditutup, ada laporan masyarakat ditemukan korban kita akan turunkan tim untuk ke lapangan kembali," tandasnya.

Operasi SAR tersebut ditutup Rabu (27/1/2021) pukul 16.00 dengan semua unsur SAR Gabungan dan perwakilan dari keluarga korban, kemudian Operasi SAR dilanjutkan dengan pemantauan.

Seperti diketahui, korban bernama Tarsan (43) tenggelam pada Senin (21/1/2021) pukul 10.45. Bersama temannya ia menggunakan perahu  yang sedang menarik jaring di sekitar bedahan Tanggulangin.

Tiba-tiba datang ombang besar dan menghantam perahu tersebut, Tarsan melompat ke laut dan tenggelam. Sementara dan dua temannya selamat karena tetap di perahu. Korban selamat lantas menepi ke darat untuk mencari pertolongan.

Operasi SAR Gabungan c

Unsur yang terlibat, SAR Basarnas Cilacap, BPBD Kabupaten Kebumen, PMI Kebumen, Polsek Klirong, Koramil Klirong, Sat Polair Kebumen, SAR Elang Perkasa, SAR Lawet Perkasa, SAR Tunas Kelapa, Relawan Tanggulangin, RAPI, ORARI, Ubaloka, SAR Lintas Batas, Bagana dan masyarakat sekitar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES