Peristiwa Daerah

Dinas Pertanian Pagaralam Pastikan Pasokan Pupuk Subsidi untuk Petani

Rabu, 27 Januari 2021 - 12:57 | 43.31k
Ilustrasi - Pupuk Bersubsidi (FOTO: cnbcindonesia/Monica Wareza)
Ilustrasi - Pupuk Bersubsidi (FOTO: cnbcindonesia/Monica Wareza)

TIMESINDONESIA, PAGARALAM – Awal tahun 2021, sejumlah petani di Kota Pagaralam, Sumatra Selatan mulai berencana melakukan tanam di lahannya. Para petani meminta untuk kebutuhan pupuk tidak hanya cukup, namun tersedia setiap ditebus. Mengantisipasi ketersediaan dan keterlambatan distribusi, Dinas Pertanian Kota Pagaralam terus memantau kebutuhan pupuk, khususnya berlabel pupuk subsidi.

“Awal tahun ini memang belum ada penebusan dari petani di pengecer. Dalam waktu dekat, atau besok ada pengecer pupuk sudah mendapat pasokan pupuk subsidi dari distributor,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kota Pagaralam, Gunsono Mekson didampingi Kabid Sapras, Pengolahan dan Pemasaran, Evan Zuri SP, melalui Kasi Pupuk dan Alsintan, Feri Erwansyah SP, Rabu (27/1).

Pihaknya kata Feri sudah menghubungi distributor, bahwa pupuk untuk Kota Pagaralam pada Kamis mendatang sudah ada di pengecer. Untuk distribusi pupuk subsidi di wilayah Kota Pagaralam terus diawasi.

Khususnya di wilayah Kota Pagaralam, memang ada salahsatu pengecer di wilayah Kecamatan ada yang mengalami keterlambatan penyusunan RDKK (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok) dan juga perbaikan wilayah kerja. “Hal ini bisa menyebabkan perubahan jadwal pendistribusian pupuk kepada petani yang melakukan penebusan,” katanya.

Sementara Syarbani, salah seorang petani di wilayah Kecamatan Dempo Tengah, mengaku dirinya sudah menanyakan kepada salahsatu pengecer di wilayah Pasar Terminal, jika untuk sementara ini pupuk subsidi tak tersedia. “Saya sudah menanyakan ke pengecer di kawasan Pasar Terminal, saat ini pupuk belum ada,” katanya seraya berharap pupuk subsidi yang dibutuhkan petani segera tersedia.

Distribusi Sesuai Wilayah Kerja

Dinas Pertanian Kota Pagaralam mengisyaratkan untuk pendistribusian pupuk subsidi sesuai dengan wilayah kerja. Hal ini disampaikan Kasi Pupuk dan Alsintan, Feri Erwansyah SP. “Saat ini kita ada pengecer pupuk subsidi baru menggantikan salahsatu pengecer lama yang tak lagi beroperasi (mengundurkan diri),” katanya.

Mengenai pendistribusiannya, dia mengisyaratkan agar pelaksanaannya sesuai dengan wilayah kerja. “Wilayah kerja penyaluran pupuk subsidi tersebut ditentukan oleh pihak distributor pupuk,” katanya seraya mengatakan bahwa pihaknya akan mengawasi, baik dari dinas ataupun dari pihak Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3).

Pihaknya sebut Feri tidak hanya melakukan pengawasan, namun juga evaluasi terhadap penyaluran pupuk subsidi yang dilakukan pengecer. “Kita berharap untuk penyalurannya tidak menyalahi, karena Kota Pagaralam memiliki kuota kebutuhan pupuk selama satu tahun yang kita ajukan ke provinsi untuk memenuhi kebutuhan petani,” bebernya seraya mengatakan jika alokasi pupuk subsidi tersebut untuk memenuhi kebutuhan di subsektor tanaman pangan, hortikultura, perkebunan rakyat, peternakan dan perikanan budidaya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES