Peristiwa Daerah

Balita Penderita Cerebral Palsy akan Menjalani Perawatan di RSUD dr Shaleh

Rabu, 27 Januari 2021 - 11:31 | 38.76k
Tim dokter Pemkot Probolinggo memeriksa kondisi Balita Bakri. (FOTO: Happy/TIMES Indonesia)
Tim dokter Pemkot Probolinggo memeriksa kondisi Balita Bakri. (FOTO: Happy/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Berdasarkan pemeriksaan tim medis Pemkot Probolinggo, balita Bakri, asal Kademangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur, penderita Cerebral Palsy punya potensi kesembuhannya tipis. Namun demikian, pemerintah setempat akan berupaya semaksimal mungkin untuk kesembuhannya.

Plt. Direktur RSUD dr. Mohammad Saleh Kota Probolinggo, Abraar HS. Kuddah menyebut, balita Bakri menderita cerebral palsy. Dimana potensi kesembuhannya kecil sekali.

“Cerebral palsy ini terjadi karena kerusakan permanen pada sel-sel otak. Disebabkan karena kecacatan pada saat lahir,” katanya, Rabu (27/1/2021), di sela kunjungan ke rumah Bakri.

Abraar mengatakan, penyebab terjadinya cerebral palsy itu, bisa karena pada saat ibunya hamil, terjadi infeksi atau ibunya sempat jatuh. Kemudian pada saat proses melahirkan terjadi trauma pada jalan lahir, atau bahkan pada saat dirawat sempat jatuh.

“Ternyata tadi kami konfirmasi, saat hamil ibunya ini sempat jatuh. Mungkin itu yang menjadi salah satu pemicu. Cerebral palsy ini, sifatnya permanen,” jelas Abraar.

Berdasarkan keadaan itu, kemungkinan sembuh balita Bakri ini kecil. Tapi, dengan fisioterapi, speech terapi dan rehab medik, diharapkan bisa secara fungsional, seoptimal mungkin bisa kembali.

Tim dokter pun menghimbau pada masyarakat, khususnya ibu-ibu hamil untuk selalu memperhatikan faktor Kesehatan selama kehamilan. Antara lain menjaga ANC, serta yang paling utama adama gizi selama kehamilan. Selain itu, juga harus dijaga dari potensi infeksi dan tidak jatuh selama hamil.

Sedangkan untuk Bakri, balita penderita Cerebral Palsy, Plt. Direktur RSUD dr. Mochammad Saleh Kota Probolinggo, Abraar HS. Kuddah menyebut, agar segera minta rujukan dari puskesmas. Untuk mendapat perawatan di RSUD dr. Saleh. “Di situ kami akan berupaya semaksimal mungkin,” tutupnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES