Peristiwa Daerah

Lewat Aplikasi Mentalku, Psikotest SIM Bisa Melalui Smartphone

Rabu, 27 Januari 2021 - 10:36 | 165.38k
Ditlantas Polda Jatim saat launching aplikasi Mentalku, Selasa (26/1/2021). (Foto: Khusnul Hasana/TIMES Indonesia)
Ditlantas Polda Jatim saat launching aplikasi Mentalku, Selasa (26/1/2021). (Foto: Khusnul Hasana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Kini membuat SIM tak perlu lagi repot-repot melakukan tes psikologi (psikotest) dengan datang langsung ke kantor Satpas. Melalui Aplikasi Mentalku para pemohon baru maupun perpanjangan SIM cukup melakukan tes psikologi secara online lewat smartphone. Aplikasi kesehatan mental ini Selasa (26/1/2021) kemarin. 

Aplikasi tersebut menjadi fokus baru dalam bidang edukasi dan layanan publik, mengingat masih rendahnya pemahaman masyarakat tentang pentingnya kesehatan mental.

"Melihat banyaknya yang belum memahami betapa pentingnya kesehatan mental seseorang, masih banyak yang belum memahami bahwa kesehatan mental seseorang sama pentingnya dengan kesehatan fisik," ujar Ketua Umum dan Pendiri (Chairman) dari Mentalku, Habib Mohsein bin Saleh, Rabu (27/1/2021).

launching aplikasi Mentalku a

Mentalku merupakan salah satu inovasi layanan digital kesehatan rohani yang berada dalam naungan PT. Musa Perkasa Berjaya. Melalui layanan aplikasi 'Mentalku', Habib berharap  dapat membantu setiap individu untuk meningkatkan kesadaran kesehatan mental mereka.

"Salah satu tujuannya mengurangi kerumunan di masa pandemi, mengikuti program pemerintah dalam memutus mata rantai covid-19, serta menerjemahkan program ide Kapolri Sigit terkait digitalisasi," jelasnya

Sementara itu, Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Latif Usman mengatakan bahwa aplikasi 'Mentalku' sebagai salah satu program dalam era digitalisasi. Inovasi digitalisasi juga sesuai dengan pasal 36 dan 37 Perkab Kapolri nomer 9 tahun 2012 bahwa persyaratan bahwa persyaratan bagi para pendaftar yang baru maupun perpanjangan yakni sehat jasmani dan rohani.

Acara peluncuran aplikasi Mentalku dihadiri oleh Karo SDM Polda Jatim Kombespol Andi Syahriful Taufik sebagai Pembina dan Pengawas dari Polda Jatim besrta jajaran Ditlantas dan Kabag Psikologi Polda Jatim, dan diikuti melalui zoom oleh Para Kasatlantas se pulau Jawa, Bengkulu, Kalbar, NTB dan NTT , Sulawesi.

Aplikasi-Mentalku.jpg

Aplikasi Mentalku dapat di download di playstore melalui smartphone. Aplikasi 'Mentalku' untuk tes psikologi SIM sangat mudah cukup isi biodata, lengkap dengan foto KTP dan face recognition, isi soal tes psikologi, lalu tunjukan QR Code ke gerai yang anda pilih.

"Aplikasi 'Mentalku' memiliki sistem security aplikasi yang menjamin kerahasian data pengguna," kata Nugroho Tirto Sampurno Direktur Digatalisasi IT Aplikasi Mentalku.

Dengan adanya aplikasi Mentalku, masyarakat Jatim bisa melakukan psikotest SIM, tanpa berkerumun di gerai layanan tes psikologi SIM. Hal ini bertujuan untuk menjalankan protokol kesehatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES