Gaya Hidup

Menjelajahi Pesona Lima Destinasi Wisata Desa Ketupat Pulau Raas

Rabu, 27 Januari 2021 - 09:24 | 191.22k
Menjemput senja di Pantai Tanjung Wangi, Desa Ketupat, Pulau Raas, Madura. (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Menjemput senja di Pantai Tanjung Wangi, Desa Ketupat, Pulau Raas, Madura. (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYADesa Ketupat di Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur ternyata memiliki surga destinasi wisata yang menakjubkan.

Kawasan tersebut berada di daerah kepulauan dan dikelilingi garis pantai putih menawan. Berikut daftar lima destinasi paling recommended dan layak masuk daftar liburan Anda.

1. Pantai Tanjung Wangi 

Pantai-Tanjung-Wangi-3.jpg

Pantai ini terletak tak jauh dari Pelabuhan Ketupat. Memiliki pasir putih dan hutan mangrove yang masih asri. Selain itu terdapat beberapa spot foto yang instagramable, seperti landmark bintang dengan background laut dan ayunan yang bertuliskan "I Love Raas". Para wisatawan juga dapat menelusuri hutan mangrove dengan perahu nelayan. Sambil sesekali berhenti sejenak untuk mengabadikan momen tersebut dengan kamera kalian. Dijamin sangat berkesan!

Di area ini juga terdapat spot yang sering disebut Pasir Cemarah Tanjung Wangi. Lokasinya bagaikan pulau kecil yang muncul ketika air laut surut. Di tempat ini para pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah bagaikan sedang berada di pulau pribadi sambil manyaksikan para nelayan yang pergi melaut.  

2. Wisata Budidaya Kepiting Mangrove 

Desa Ketupat memiliki hutan mangrove yang cukup luas. Maka tak heran jika hutan mangrove menjadi salah satu destinasi wisata yang disuguhkan desa ini. Wisata Budidaya Kepiting Mangrove menjadi pilihan tempat wisata yang edukatif. Pengunjung dapat berlibur sambil mengamati proses budidaya kepiting. 

Selain itu di lokasi ini juga terdapat banyak sekali spot-spot foto yang khusus disiapkan untuk melengkapi wisata. Sehingga setelah berkunjung dari sini, wisatawan dapat membagikan foto-fotonya di medsos mereka.

3. Keramba Ikan

Pantai-Tanjung-Wangi-2.jpg

Destinasi wisata lain yang dimiliki Desa Ketupat adalah Keramba Ikan. Letaknya di tengah laut. Para pengunjung diantar menggunakan kapal dari Pelabuhan Ketupat dengan waktu pelayaran sekitar 15 menit. Di Keramba ini, wisatawan bisa menyantap ikan bakar segar yang langsung diambil dari laut. Diiringi oleh hembusan angin sepoi-sepoi. 

Jenis ikan yang disajikan di Keramba Apung ini diantaranya ikan Napoleon dan Kerapu. Selain ikan, ada juga Lobster dan Udang Ronggeng. Bagi yang ingin merasakan sensasi berenang di tengah laut juga diperbolehkan loh. Tentunya tetap hati-hati. 

4. Puncak

Puncak di sini bukan berarti wilayah dataran tinggi. Tapi suatu tempat yang letaknya di ujung barat pulau Raas. Di lokasi ini, para pengunjung akan disuguhkan pemandangan laut antara Pulau Raas dan Sapudi. Suasananya sangat asri karena terdapat banyak pepohonan. Tentunya sangat nyaman untuk bersantai dengan keluarga atau teman. Jika ombak laut tenang, cocok juga untuk berenang. 

Puncak  merupakan salah satu destinasi wisata yang sudah lama dikenal masyarakat. Sebelumnya disebut "Beto Nodung". Dalam bahasa Madura, Beto berarti batu dan Nodung berasal dari kata Nodungi yang artinya menutupi. Dinamakan demikian karena bentuk batu di sini terlihat seperti atap yang menutupi laut. 

5. Pantai Beddhie Lancheng

Beddhie Lancheng berarti tempat yang memanjang. Disebut demikian karena di tempat ini, struktur pantainya memanjang. Cukup berbeda dengan pantai di sekitarnya yang hanya terdiri dari tebing batu karang khas Pantai Selatan. 

Di Pantai Beddhie Lancheng, para wisatawan dapat menikmati tebing-tebing batu karang yang menyerupai gua. Jika air laut sedang surut, bisa juga mencari kerang. 

Waktu terbaik mengunjungi Beddhie Lancheng adalah ketika matahari terbenam. Sambil melihat pemandangan Pulau Sepudi. Lima tempat tersebut berada di Desa Ketupat Pulau Raas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES