Peristiwa Daerah Vaksin Covid-19

Dikawal Ketat, Vaksin Covid-19 Tiba di Jember, Besok Menyebar ke Seluruh Puskesmas

Selasa, 26 Januari 2021 - 18:18 | 27.77k
Plt Kepala Dinkes Jember saat menerima berkas acara penyerahan vaksin Sinovac dari Dinkes Jatim pada Selasa (26/1/2021) di Gudang Farmasi, milik Dinkes Jember. (Foto: Muhammad Faizin/TIMES Indonesia)
Plt Kepala Dinkes Jember saat menerima berkas acara penyerahan vaksin Sinovac dari Dinkes Jatim pada Selasa (26/1/2021) di Gudang Farmasi, milik Dinkes Jember. (Foto: Muhammad Faizin/TIMES Indonesia)
FOKUS

Vaksin Covid-19

TIMESINDONESIA, JEMBERVaksin Covid-19 akhirnya tiba di Jember pada Selasa (26/1/2021) sore. Vaksin merek Sinovac itu datang dengan dikawal ketat oleh sejumlah personel TNI/Polri dari Surabaya.

Vaksin selanjutnya langsung disimpan di ruang penyimpanan khusus yang telah disiapkan di Gudang Farmasi Unit Pelaksana Teknis Instalasi Farmasi Kesehatan (UPT IFK) yang ada di Jalan Ciliwung, Kelurahan Jemberlor, Kecamatan Patrang.

Plt Kepala Dinkes Jember b

Gudang milik Dinas Kesehatan (Dinkes) Jember itu telah memiliki cool room untuk menjaga kualitas dan keamanan vaksin.

Plt Kadinkes Jember, Dyah Kusworini menerima langsung penyerahan vaksin dari tim Surveilance Dinkes Provinsi Jatim.

“Ada sebanyak 6.800 vial vaksin yang hari ini diterima oleh Jember,” ujar Jubir  Satgas Covid-19,  Gatot Triyono saat memberikan keterangan kepada media mewakili Kadinkes, usai penyerahan vaksin pada Selasa.

Pada hari yang sama, sebanyak 20 puskesmas yang ada di Jember akan mengambil vaksin tersebut.

“Dari sore sampai malam ini,” lanjut Gatot.

Plt Kepala Dinkes Jember c

Distribusi akan langsung dilanjutkan esok harinya. Sebanyak 30 Puskesmas di Jember akan mengambil vaksin pada hari Rabu (27/1/2021). Sehingga dengan demikian, Rabu besok, vaksin Sinovac sudah tersebar di 50 puskesmas yang ada di 31 kecamatan di Jember.

Untuk penerima vaksin, ada perubahan dari para tenaga kesehatan (nakes) yang akan menjadi penerima vaksin tahap pertama. Sebelumnya, Satgas merencanakan vaksin akan diberikan kepada 6.750 nakes berdasarkan data yang ada di Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SISDMK).

“Tetapi kemudian ada tambahan, menjadi  7221 nakes di Jember yang akan menerima vaksin. Jumlah itu akan ditambah 10 orang Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta tokoh agama, dan tokoh masyarakat," papar Gatot.

Sebelum tiba di Jember, vaksin Covid-19 sudah tiba di daerah lain seperti Lumajang dan Bondowoso. Selanjutnya, tim yang sama akan mengirim vaksin ke Banyuwangi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES