Gaya Hidup

3 Tips Ampuh Hentikan Kebiasaan Ngiler saat Tidur 

Rabu, 27 Januari 2021 - 02:25 | 67.94k
Kebiasaan ngiler saat tidur bisa dihilangkan. (FOTO: Hello Sehat)
Kebiasaan ngiler saat tidur bisa dihilangkan. (FOTO: Hello Sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Punya kebiasaan ngiler saat tidur tentunya membuat nggak nyaman ya. Ngiler terjadi karena mulut terbuka saat tidur. Air liur diproduksi oleh kelenjar liur yang dikendalikan oleh otak. 

Otak terus bekerja meski kita tidur, bahkan saat bermimpi, maka mulut akan terus-terusan memproduksi air liur. Akibatnya, liur akan menggenang di dalam mulut.

Nah ngiler terjadi saat mulut secara tak sadar terbuka saat tidur. 

Berikut tips amph hentikan kebiasaan ngiler saat tidur

1. Ubah posisi tidur

Posisi tidur menyamping atau tengkurap dapat memperbesar kemungkinan ngiler. Sebaiknya ubah posisi tidur terlentang. Sisipkan bantal atau guling di dekat kepala agar kepala tetap pada posisi terlentang. 

Pakai bantal yang tidak terlalu tinggi dan tidak keras. Leher tidak harus mendongak atau justru terkulai menunduk selama tidur, cukup disangga sehingga kepala tetap sejajar dengan punggung atas dan tulang belakang.

Posisi tubuh ini bisa menampung air liur di tenggorokan dan gaya gravitasi membantu mencegah air liur keluar merembes dari mulut.

2. Sinus atau alergi

Tidur dengan mulut terbuka biasanya karena hidung tersumbat. Maka sebaiknya periksakan diri Anda apakah punya sinus atau alergi. Jika iya ada baiknya diobati sehingga kebiasaan ngiler dapat teratasi. Minum air hangat sebelum tidur juga dapat membantu hidung bernapas lega. 

3. Kurangi makanan manis

Makanan manis juga berkontribusi membuat ngiler saat tidur. Dilansir dalam laman Verywell, banyak makan makanan manis bisa merangsang produksi air liur. Semakin banyak gula yang Anda makan, semakin banyak liur yang diproduksi dalam mulut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES