Pendidikan

Sukseskan Program Sekolah Penggerak, Ini Terobosan Pemkot Batu

Selasa, 26 Januari 2021 - 16:07 | 20.65k
Dinas Pendidikan mulai menyosialiasikan program sekolah penggerak di Kota Batu. (Muhammad Dhani Rahman/TIMESINDONESIA)
Dinas Pendidikan mulai menyosialiasikan program sekolah penggerak di Kota Batu. (Muhammad Dhani Rahman/TIMESINDONESIA)

TIMESINDONESIA, BATU – Menyukseskan Program Sekolah Penggerak dari Kementerian Pendidikan Republik Indonesia, sejumlah terobosan dilakukan oleh Dinas Pendidikan, Pemkot Batu.

Saat ini Pemkot Batu mulai menyosialisasikan program ini kepada kalangan pendidikan dan masyarakat serta menyiapkan regulasi daerah untuk melaksanakan program ini.

Selain itu, Pemkot Batu menyiapkan alokasi anggaran dalam APBD untuk menyukseskan program sekolah penggerak ini.

“Pemkot Batu siap mendukung dengan berkomitmen tidak merotasi Kepala Sekolah dan Guru yang menjadi sasaran program Sekolah Penggerak minimal 4 tahun, serta menyiapkan APBD untuk intervensi program tersebut dan menyiapkan regulasi pendukung sekolah penggerak,” ujar Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko MSi.

Pemkot Batu mendukung penuh Program Sekolah penggerak dan berharap dunia pendidikan di Kota Batu mengalami perubahan yang lebih baik dan merata sehingga melahirkan banyak siswa-siswi yang berprestasi dan sekolah-sekolah terbaik.

Dimana sekolah penggerak yang dipilih di Kota Batu ? Dua sekolah tersebut adalah SDN Mojorejo 1 dan SMPN 1.

Kota Batu termasuk dari nominasi program sekolah penggerak dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Program Sekolah penggerak ini termasuk dalam episode “Merdeka Belajar”.

Program Sekolah penggerak adalah sekolah yang dapat menggerakkan sekolah-sekolah lain, dalam meningkatkan pembelajaran sehingga melahirkan murid-murid berprestasi.

Di antara visi program ini, yakni mewujudkan Indonesia Maju, berdaulat, mandiri, berkepribadian melalui terciptanya pelajar ber-Bhineka Tunggal Ika.

Sekolah penggerak bisa jadi panutan, tempat pelatihan, dan inspirasi bagi guru-guru dan kepala sekolah lainnya yang mendorong berbagai macam program partisipatif, unik, dan banyak inovasi.

Kepala Dinas Pendidikan Pemkot Batu, Dr. Eny Rahayuningsih menjelaskan bahwa dalam Program Sekolah Penggerak ini, Kepala Sekolah dan guru akan menjadi agen penggeraknya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES