Peristiwa Daerah Vaksin Covid-19

Dinas Kesehatan Kota Malang Siapkan 58 Vaksinator

Selasa, 26 Januari 2021 - 13:14 | 27.21k
Petugas mencatat kedatangan Vaksin Covid-19 di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, Senin (25/01/2021) malam. (Foto: Dok. Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Petugas mencatat kedatangan Vaksin Covid-19 di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, Senin (25/01/2021) malam. (Foto: Dok. Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
FOKUS

Vaksin Covid-19

TIMESINDONESIA, MALANG – Pelaksanaan vaksinasi tahap pertama untuk Tenaga Kesehatan (nakes) di Kota Malang, Jawa Timur diperkirakan akan dilakukan di bulan Februari dan untuk simbolis vaksinasi  akan dilakukan pada Kamis (28/01/2021).

Terkait hal ini, ihak Dinas Kesahatan Kota Malang telah menyiapkan 58 vaksinator (petugas vaksin) untuk melakukan vaksinasi di Kota Malang.

"Kita sudah melakukan sejumlah pelatihan untuk vaksinator guna mempersiapkan diri mereka," ujar Plt Kepala Dinkes Kota Malang, Sri Winarni, Selasa (26/01/2021).

Sri mengungkapkan, para petugas vaksinator tersebut berasal dari puskesmas di wilayah Kota Malng dan juga Rumah Sakit (RS) yang telah ditunjuk Pemkot Kota Malang.

"Jadi dari total 58 vaksinator itu, ada tiga orang dari 16 puskesmas dengan total 48 orang. Lalu ditambahkan lagi dari RS yang ada sebanyak 10 orang," ungkapnya.

Sri mengatakan, Dinas Kesehatan terus elakukan pelatihan vaksinator. Apalagi jumlah kedatangan vaksin yang mencapai 10.240 vial ditahap pertama sudah sesuai dengan jumlah tenaga kesehatan yang telah diusulkan.

"Lalu untuk nanti tahap kedua itu juga sudah melebihi dari yang kita harapkan, jadi pastinya kita akan melakukan penambahan vaksinator dan terus melakukan pelatihan," jelasnya.

 

Untuk kesiapan penyimpanan dan treatment, pihak Dinas Kesehata  juga sudah melakukan sesuai dengan standart dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan juga WHO.  Seperti Cold Storage yang sudah disiapkan tiga dan satu lagi cadangan, lalu juga ada treatment khusus yang dimana suhu ruangan harus sesuai standar.

"Kita kan sudah siapkan Cold Storage dengan dua jenis berbeda, yakni kapasitas 3.000 dan 3.500. Lalu untuk treatment vaksin Covid-19 dimana suhunya harus diantara 2-8 derajat, itu sudah kita siapkan sejak awal dan sudah sesuai kriteria," paparnya. 

Sementara itu, untuk mengatasi jika nanti ada kesalahan teknis seperti listrik mati, juga telah disiapkan genset khusus.

"Memang untuk suhu ruangan harus tetap terjaga dan semua sudah kita persiapkan. Insyallah jika terjadi hal tak terduga seperti listrik mati, kita sudah tambahkan Genset khusus dan semua sudah tersetting," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES