Peristiwa Daerah Vaksin Covid-19

Terima 2,4 Ribu Dosis Vaksin Covid-19, Bondowoso Lakukan Vaksinasi 1 Februari

Selasa, 26 Januari 2021 - 12:06 | 31.29k
Vaksin Covid-19 buatan Sinovac saat tiba di Bondowoso.  (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
Vaksin Covid-19 buatan Sinovac saat tiba di Bondowoso. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
FOKUS

Vaksin Covid-19

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Pada tahap pertama penyaluran, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur menerima 2.400 dosis Vaksin Covid-19 buatan perusahaan Sinovac China.

Ribuan vaksin tersebut tiba di Bondowoso Selasa (26/1/2021) dini hari sekitar pukul 01.00 WIB. Ribuan vaksin tersebut kemudian dicek petugas untuk memastikan tak ada botol yang pecah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso, dr Mohammad Imron mengatakan, setiap sasaran akan disuntik dua kali.  Artinya, ribuan dosis tersebut diperuntukkan untuk 1.200 calon penerima vaksin.

"Dosis cukup untuk semua sasaran pada tahap pertama. Nakes dan non nakes di fasilitas pelayanan kesehatan menjadi prioritas penerima vaksin," terangnya.

Totalnya ada 60 kotak kemasan vaksin Sinovac di setiap kardus boks besar warna putih atau kemasan utama. Dalam satu kotak kemasan berisi 40 vial (wadah dosis) vaksin. 

Menurut Imron, vaksin tersebut akan disalurkan ke 30 lokasi. Yakni 25 puskesmas, 3 rumah sakit, Klinik Polres dan Kodim.  Menurutnya, di setiap fasilitas pelayanan kesehatan itu juga telah tersedia alat penyimpan vaksin atau rantai dingin (cold chain). 

"Petugas akan mengecek suhu tempat penyimpanan setiap hari," imbuh Imron.

Pihaknya menargetkan proses pendistribusian ke puluhan fasilitas  pelayanan kesehatan rampung dalam dua hari. Sebelum didistribusikan, ribuan vaksin tersebut disimpan di instalasi farmasi di Jalan Kapten Piere Tendean Kota Kulon.

Vaksin Covid-19 buatan Sinovac membutuhkan penyimpanan dalam lemari es, dengan standar suhu 2-8 derajat celcius. Ruang penyimpanan vaksin harus terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Adapun eksekusi penyuntikan Vaksin Covid-19 buatan Sinovac tahap pertama di Bondowoso, dijadwalkan akan dilaksanakan 1 Februari mendatang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES