Pendidikan UIN Malang

Buku The Covidpedia UIN Maliki Malang Hasil Kolaborasi 47 Penulis

Selasa, 26 Januari 2021 - 08:15 | 61.80k
Nurlaili Susanti memegang buku The Covidpedia. (Foto: Nurlaili Susanti For TIMES Indonesia)
Nurlaili Susanti memegang buku The Covidpedia. (Foto: Nurlaili Susanti For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Dosen Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) bersama dosen-dosen perguruan tinggi lain berkolabolarasi menerbitkan buku The Covidpedia. 

Tercatat ada 47 penulis yang berkolaborasi menghasilkan 29 artikel dalam buku ini. Sesuai namanya, Covidpedia mencakup topik relevan tentang Covid-19 dari aspek kesehatan dan telah memenuhi syarat sebagai artikel ilmiah.

"Penulis merupakan multidisiplin dari para akademisi, peneliti dan praktisi kesehatan baik dari FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, maupun penulis tamu dari berbagai institusi pendidikan seperti Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanuddin, UIN Sunan Ampel, Stikes juga beberapa rumah sakit," ujar dr. Nurlaili Susanti, M.Biomed, editor dan juga penulis Buku The Covidpedia kepada TIMES Indonesia, Minggu (24/1/2021).

Nurlaili menuturkan, buku The Covidpedia terdiri dari 29 artikel, hasil kompilasi dari berbagai artikel program call for chapter yang diselenggarakan oleh FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Artikel yang masuk melalui banyak proses seperti review konten, sistematika dan batas plagiasi maksimal 25 persen dengan turnitin. Turnitin adalah program yang digunakan untuk menguji keaslian karya tulis, karya ilmiah, skripsi, thesis dan disertasi. Apabila artikel tidak memenuhi syarat, maka akan ditolak.

"Proses penulisan Buku The Covidpedia ini dimulai pada Juli sampai September 2020. Untuk review dan editting dimulai pada Oktober sampai November 2020. Dan untuk layout dan cetak dikerjakan pada Desember 2020 sampai Januari 2021," imbuhnya.

Sebagai editor hal terberat yang ia lalui adalah beberapa artikel memiliki plagiasi yang tinggi dan harus diturunkan di bawah 25%.

"Sehingga saya harus melakukan parafrasing artikel sampai plagiasi kurang dari 25 persen, tanpa merubah konten. Terkadang beberapa artikel kami kembalikan pada penulis untuk diperbaiki," imbuhnya.

Menurut Nurlaili sebagai seorang penulis dan editor, ia memperoleh pengalaman yang sangat berkesan, karena akhirnya buku kumpulan chapter bisa diterbitkan. 

"Mulanya para dosen memiliki ide untuk berkolaborasi menulis itu karena ingin merespon pandemi dan mewujudkan tradisi akademik. Selain itu, FKIK UIN Malang juga ingin memberikan sumbangsih dalam perkembangan ilmu pengetahuan terkait Covid-19," ucap Nurlaili.

Buku The Covidpedia diterbitkan oleh Media Nusa Creative, Malang pada bulan Januari 2021. The Covidpedia merupakan buku kolaborasi kedua dari dosen FKIK UIN Maliki Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES