Pendidikan

Talkshow Parenting Ajak Orang Tua Ikut Kawal Pembelajaran Anak

Senin, 25 Januari 2021 - 23:01 | 105.88k
Talkshow Parenting yang diselenggarakan SD Islam Sabilillah Malang. (FOTO: Dok Sabilillah Malang)
Talkshow Parenting yang diselenggarakan SD Islam Sabilillah Malang. (FOTO: Dok Sabilillah Malang)

TIMESINDONESIA, MALANGSD Islam Sabilillah Malang masih menerapkn pembelajaran daring di semester 2. Kondisi ini menjadikan semua anak menghabiskan waktu belajar bukan lagi di sekolah, melainkan sepenuhnya di rumah.

Untuk itu memaksimalkan pembelajaran dibutuhkan komunikasi antara orang tua dengan guru secara lebih intensif.  SD Islam Sabilillah Malang pun mengadakan kegiatan Talk Show Parenting, Parenting Terpadu, Parenting Islami (Bina Qolbu), Pertemuan Paguyuban Kelas, dan Komunikasi Dua Arah antara Wali Kelas dengan Orang tua.

Kegiatan ini dilakukan secara rutin terjadwal dalam setiap bulannya dengan tujuan terjalinnya kerjasama yang baik untuk perkembangan belajar dan karakter siswa-siswi SD Islam Sabilillah Malang. Talk Show Parenting Sekolah menghadirkan pemateri yakni Dr. Umi Dayati selaku Motivator Pendidikan Nasional dan Dr Muslihati, selaku Ketua Jurusan Bimbingan dan Konseling UM.

SD-Islam-Sabilillah-Malang-2.jpg

Kepala SD Islam Sabilillah Malang, Nunik S. Hariarti, M.Pd menegaskan pada semua wali kelas untuk tidak pernah bosan-bosan dan lelah dalam menyampaikan perkembangan belajar dan pembiasaan karakter siswa-siswi selama pembelajaran daring. Ia berharap para orang tua menyampaikan informasi terkait pengumpulan penugasan selama pembelajaran daring, serta rekap pengisian pantau karakter, sebagai wujud membangun komunikasi dengan orang tua.

“Semoga dengan berbagai kegiatan komunikasi yang sudah dilakukan ini, intensitas dan efektivitas komunikasi tetap berlanjut dengan lebih maksimal untuk kemajuan pendidikan siswa-siswi SD Islam Sabilillah Malang,” kata Nunik.

Selain itu, dalam kegiatan Parenting Terpadu yang bekerjasama dengan LPI Sabilillah Malang turut menghadirkan pakar sebagai pemateri. Seperti halnya yang sudah terlaksana pada tanggal 15–16 Januari 2021 dengan menghadirkan Prof. Dr. Abdur Rahman As’ari, selaku Asisten Direktur 1 LPI Sabilillah Malang dan Pakar Teknologi Pendidikan Matematika UM yang membahas mengenai Being Excellent By “Be Wiser”.

Pada Parenting Islami yang lebih dikenal dengan istilah Bina Qolbu merupakan kegiatan pertemuan yang selalu dilakukan setiap bulannya kepada seluruh keluarga Sabilillah Malang dari TK, SD, SMP, SMA, dan Ma’had.

Ulama ternama yang terkenal di kalangan masyarakat juga dihadirkan untuk memberikan parenting. Baru-baru ini pada tanggal 23 Januari 2021 telah dihadirkan Habib Achmad Jamal bin Toha Baagil dengan tmengusung tema Membentuk Keluarga Muttaqiin.

Pertemuan Paguyuban Kelas merupakan pertemuan rutin yang dilakukan oleh wali kelas kepada wali siswa yang dilakukan setelah penerimaan rapor akuntabilitas. Fokus topik yang dibicarakan dalam kegiatan komunikasi tersebut tentu saja berbeda-beda.

SD-Islam-Sabilillah-Malang-3.jpg

Tidak hanya sekedar berbicara kenakalan atau kendala belajar, melainkan juga masalah keseharian anak yang nampaknya sederhana tetapi sebenarnya penting untuk diketahui bersama, sosialisasi program sekolah, pembiasaan karakter siswa-siswi SD Islam Sabilillah Malang di rumah, dan lain-lain.

Sedangkan Komunikasi Dua Arah antara Wali Kelas dengan Orang tua kerap kali dilakukan setiap saat jika dirasa ada yang perlu disampaikan dari orang tua ataupun sekolah.

Efektivitas dari komunikasi yang dilakukan secara rutin ini dapat dirasakan dari kedua belah pihak, di mana antara sekolah dan orang tua dapat bertukar informasi terkait perkembangan belajar dan karakter anak, serta seorang anak tetap mendapatkan pendidikan yang layak meskipun tidak belajar tatap muka di sekolah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES