Ekonomi

Ingin Ambil Pinjaman Online? Ini Ciri Umum Tawaran Fintech Terpercaya

Senin, 25 Januari 2021 - 22:50 | 56.38k
Pinjaman Online. (Ilustrasi: TIMES Indonesia)
Pinjaman Online. (Ilustrasi: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kemunculan perusahaan fintech saat ini banyak menawarkan berbagai inovasi dari produk keuangan yang ada. Hal ini tentunya dari perkembangan teknologi yang sudah berkembang. Salah satu yang ditawarkan oleh produk keuangan digital adalah pinjaman online

Jenis pinjaman uang online merupakan salah satu yang paling banyak menarik perhatian, karena seakan menjawab keluhan sebagian masyarakat yang kesulitan mendapat akses pinjaman konvensional.

Untuk bisa mendapatkan bantuan dana melalui pinjaman online, kita harus memenuhi beberapa syarat, berupa menyerahkan KTP, NPWP, dan sejumlah dokumen identitas diri lainnya. Dalam kata lain, tidak harus menyiapkan agunan atau mengasah skor kredit. Siapa saja dapat menjadi nasabah pinjaman online dengan mudah.

Meski begitu, kritik dan komplain masyarakat kembali muncul akibat adanya ancaman layanan pinjaman online ilegal. Karena tidak memiliki izin usaha dan tidak mengikuti aturan dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, layanan pinjaman online abal-abal tersebut biasanya memiliki suku bunga yang mencekik dan merugikan nasabahnya.

Imbasnya, masyarakat menjadi enggan untuk memanfaatkan layanan keuangan digital tersebut.

Berikut ini 5 ciri tawaran pinjaman online dari perusahaan fintech yang kredibel dan terpercaya.

1. Proses Pengajuan yang Jelas, Mudah, dan Simpel

Ciri pertama dari perusahaan fintech yang serius menawarkan produk pinjaman online adalah memiliki proses pengajuan yang jelas, mudah, dan simpel. Pinjaman online seringkali dipilih oleh nasabahnya karena dapat menjadi jalan keluar dari masalah keuangan yang mendesak dan perusahaan fintech memahami akan hal itu. Oleh karenanya, layanan pinjaman online yang legal dan terpercaya pasti memiliki proses pengajuan yang simpel, serta tidak memiliki syarat yang dapat menyulitkan calon nasabah.

2. Dana Pinjaman Dapat Dicairkan dengan Segera

Masih berkaitan dengan pinjaman online sebagai solusi menyelesaikan masalah keuangan yang mendesak, perusahaan fintech pasti mampu mencairkan dana pinjaman yang diajukan oleh nasabahnya dengan cepat. Bahkan, pada beberapa layanan, dana pinjaman bisa sampai di tangan nasabah dalam hitungan beberapa jam saja sejak pertama kali diajukan. Jadi, jika layanan pinjaman online tidak mampu mencairkan dana pinjaman yang Anda ajukan secara instan, sepatutnya untuk menaruh curiga karena bisa jadi layanannya ilegal.

3. Pelunasan Pinjaman Bisa Dilakukan secara Mencicil

Sudah sepatutnya jika produk pinjaman jenis apapun proses pelunasannya bisa dilakukan dengan cara mencicil. Jika tidak, apa gunanya Anda mengajukan pinjaman tersebut? Malahan beban kondisi keuangan akan menjadi terlalu berat karena harus melunasi pinjaman tersebut dalam sekali bayar.

Selain itu, membayar tagihan pinjaman online secara mencicil juga dapat memberikan Anda fleksibilitas dalam memanfaatkan dana yang dimiliki, baik untuk memenuhi kebutuhan pokok atau keperluan lain yang tak kalah penting. Jadi, arus keuangan pun akan tetap lancar meski harus melunasi tagihan pinjaman online setiap bulan.

4. Memiliki Status Terdaftar atau Izin Usaha dari OJK

Ciri yang terpenting dari produk pinjaman online yang terpercaya adalah perusahaan fintech memiliki status terdaftar atau bahkan mengantongi izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Seperti yang sudah sempat dibahas sebelumnya, OJK adalah lembaga resmi negara yang bertugas untuk mengawasi kinerja jasa keuangan di Indonesia. Saat sebuah layanan keuangan, baik konvensional dan digital, mendapat pengawasan dari OJK, sudah pasti layanannya legal dan patuh pada aturan yang berlaku.

Selaku nasabah kita juga terhindar dari ancaman layanan pinjaman online abal-abal. Dengan begitu, proses pengajuan hingga pelunasan dapat dilakukan dengan lancar, tanpa harus khawatir akan terjebak produk pinjaman yang dapat menguras keuangan.

5. Alamat Kantor Jelas dan Bisa Dikunjungi Langsung

Perusahaan fintech yang resmi pasti memiliki alamat kantor yang bisa dikunjungi secara langsung, tak terkecuali pinjaman online yang platform layanannya berbasis digital. Setidaknya, cari tahu apakah nomor customer service dapat dihubungi dan melayani Anda dengan sopan dan responsif. Memastikan kedua hal ini dapat membantu Anda mengatasi kendala yang mungkin terjadi saat sudah menjadi nasabah pinjaman online dengan lebih mudah.

Di antara banyaknya penyedia pinjaman online, tentu selaku nasabah memang dituntut untuk jeli dalam mengenali layanan yang legal dan bisa dipercaya. Dengan memahami ciri perusahaan fintech di atas, Anda memiliki pedoman dalam memilih layanan pinjaman online. Jadi, risiko terjebak utang karena salah dalam memilih layanan pinjaman online tidak akan sampai terjadi. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES