Pemerintahan

Pengamat Nilai Anggota DPRD Jabar Bisa Beli Sendiri Tablet Smartphone

Senin, 25 Januari 2021 - 20:53 | 20.91k
Gedung DPRD Jabar. (FOTO: Iwa/TIMES Indonesia)
Gedung DPRD Jabar. (FOTO: Iwa/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Anggota DPRD Jabar mendapatkan fasilitas tablet smartphone, dalam menunjang kinerja sebagian wakil rakyat di DPRD Jabar. Nilai anggaran yang disiapkan dalam pembelian tablet smartphone tersebut mencapai angka Rp 1,3 Milliar.

Pengamat Politik dan Hukum Tata Negara, Profesor Asep Warlan Yusuf menilai, hal ini sepatutnya tidak dilakukan oleh wakil rakyat.

"Hemat saya, ini bisa dianggap pemborosan. Kecuali kalau mereka belum punya alat komunikasi seperti itu wajar diajukan ke negara, dan dibiayai negara," jelas Asep, saat dimintai komentarnya mengenai fasilitas tablet bagi anggota DPRD Jabar, Senin (25/1/21).

Prof Asep Warlan menambahkan, dengan pemberian tablet smartphone, apakah menjamin kinerja anggota DPRD meningkat?

BACA JUGA : Komisi IV DPRD Jabar Ingatkan UPTD LLAJ Wilayah III Segera Bereskan PJU

"Kalau laptop kan memang pekerjaan sangat intens wajar. Kalau handphone apa bisa dan butuh setiap saat. Apalagi beli handphone-nya pakai uang rakyat, ," ujarnya.

Guru Besar Universitas Parahyangan ini, menilai bahwa soal tablet ini bukan masalah butuhnya, melainkan etikanya.

"Apakah tidak sebaiknya anggota dewan menyatakan tidak usah beli alat komunikasi dari uang rakyat. Mereka kan bisa beli sendiri dengan spesifikasi produk yang sama. Jadi, bukan masalah kebutuhan.Tapi alangkah baiknya beli sendiri karena kan mereka sebenarnya mampu," jelasnya.

Perihal apakah anggota DPRD Jabar ini melanggar, Prof Asep menilai kalau secara undang-undang memang tidak melanggar. "Secara etika saja. Karena tugas dewan itu kan optimalisasi tugas kedewanan untuk menampung aspirasi rakyat. Tapi kalo alat komunikasi aja dibiayai negara kan, gimana gitu," kata Asep Warlan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES