Gaya Hidup

Tips Mudah Cegah Stok Beras di Rumah Berkutu

Selasa, 26 Januari 2021 - 04:24 | 53.64k
Ilustrasi - Tips agar beras tidak berkutu (FOTO: Freepik/jcomp)
Ilustrasi - Tips agar beras tidak berkutu (FOTO: Freepik/jcomp)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beras merupakan makanan utama warga Indonesia. Tak heran jika orang selalu membeli beras dalam jumlah yang banyak, setidaknya untuk satu bulan. 

Sayangnya saat disimpan, terkadang beras malah berkutu. Tak hanya sebal karena harus memilah kutu sat beras akan dimasak, kutu juga membuat aroma beras berubah. 

Nah berikut tips mencegah beras berkutu

1. Daun salam 

Memasukkan daun salam kering dalam tempat penyimpanan berar ternyata efektif untuk mencegah hadirnya kutu. Aroma dari daun salam membuat kutu enggan mendekat. 

2. Cengkeh

Sama seperti daun salam, cengkeh juga punya aroma yang tidak disukai oleh kutu. Namun memasukkan cengkeh ke dalam tempat penyimpanan beras cukup berisiko, karena aroma beras akan berubah. 

3. Bawang putih

Bahan alami yang dapat mencegah beras kutuan adalah bawang putih. Masukkan bawang putih dalam kantung kain, dan letakkan dalam penyimpanan beras. Aroma bawang putih tak disukai kutu. 

4. Jemur beras

Jika sudah terlanjur berkutu, sebaiknya jemur beras di bawah sinar matahari. Panas matahari akan membuat kutu tidak nyaman dan keluar dari beras. Pastikan disekitar menjemur beras tidak lembap ya. 

Ternyata mudah juga ya cara menjaga beras dari serangan kutu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES