Peristiwa Daerah

Keren, Lima Pelajar MAN 2 Majalengka Ciptakan Mushroom Technology

Senin, 25 Januari 2021 - 17:50 | 110.07k
Bupati Majalengka, Karna Sobahi mengapresiasi alat modern berbasis teknologi untuk pemantau pertumbuhan jamur tiram karya MAN 2 Majalengka. (FOTO: Diskominfo Majalengka for TIMES Indonesia)
Bupati Majalengka, Karna Sobahi mengapresiasi alat modern berbasis teknologi untuk pemantau pertumbuhan jamur tiram karya MAN 2 Majalengka. (FOTO: Diskominfo Majalengka for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Lima siswa MAN 2 Majalengka, Jawa Barat menciptakan alat modern berbasis teknologi untuk pemantau pertumbuhan jamur tiram.

Sebuah rangkaian optik dan rancangan panel yang dipasang untuk ruangan tempat bertani jamur tiram ini diberi nama Mushroom Technology (Mushtech).

Berkat alat ini, pekerjaan para petani jamur tiram menjadi sangat mudah dalam memantau perkembangan dan proses produksi tanaman.

Kelima siswa dan siswi tersebut masing-masing adalah Widya, Defa Nugraha, Yulianti, Icha Annisa Aprilia dan Anis Nursafarina.

MAN-2-Majalengka.jpg

Karya mereka pun berhasil mendapatkan predikat juara 1 dalam ajang The Most Marketable Grand Final Akademi Madrasah Digital Tahun 2020 Tingkat Nasional yang diselenggarakan Direktorat KSKK Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia.

Defa Nugraha menjelaskan pada dasarnya sistem kerja optik yang terdapat dalam komponen alat tersebut bekerja memantau kelebaban suhu dalam lingkungan pertumbuhan jamur menjadi lebih efisien.

Ini karena cara kerjanya bisa dikendalikan secara jarak jauh hanya menggunakan sebuah gadget yang terhubung dengan jaringan internet.

alat-modern-berbasis-teknologi.jpg

"Petani dapat mengetahui dan memantau dari mana dan di mana pun selama jaringan internet tersedia. Jamur akan lebih mudah diketahui dan terkontrol, baik mulai dari awal pertumbuhan hingga masa panennya," jelas Defa, Senin (25/1/2021).

Bupati Majalengka, Karna Sobahi mengapresiasi dan akan membantu proses kepemilikan hak paten. Ia menilai kegunaan dari hasil karya pelajar MAN 2 Majalengka tersebut sangatlah besar dan bermanfaat untuk masyarakat khususnya bagi para petani jamur tiram.

"Kita akan segera bantu untuk mematenkan temuan karya ini. Kemudian ke depannya Pemkab Majalengka melalui Dinas Pertanian akan menjalin kemitraan dengan pihak MAN 2 Majalengka. Alat ini nanti kami beli untuk disebar ke semua desa yang ada di 26 kecamatan," jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES