Peristiwa Internasional

WHO Tetapkan Kota Madinah Sebagai Kota Paling Sehat di Dunia

Senin, 25 Januari 2021 - 15:27 | 74.01k
Kota Madinah. Saat ini WHO menetapkan kota yang terletak di Arab Saudi ini sebagai kota paling sehat di dunia. (FOTO: REPUBLIKA)
Kota Madinah. Saat ini WHO menetapkan kota yang terletak di Arab Saudi ini sebagai kota paling sehat di dunia. (FOTO: REPUBLIKA)

TIMESINDONESIA, JAKARTAWHO (Organisasi Kesehatan Dunia) menetapkan Kota Madinah, Arab Saudi sebagai kota tersehat di dunia. Menutut WHO, Kota Madinah sudah memenuhi semua standar global yang diperlukan untuk menjadi kota yang sehat.

WHO menjelaskan, Madinah telah mencapai semua kriteria, dengan cara yang inovatif, dengan adanya inisiatif tertentu yang dapat direplikasi, di kota-kota lain di dalam Kerajaan Arab Saud maupun luar negeri.

Melansir ArabNews, sebanyak 22 badan pemerintah, komunitas, amal dan relawan telah membantu mempersiapkan akreditasi WHO untuk program kota sehat ini.

Termasuk kemitraan strategis dengan Universitas Taibah untuk mencatat persyaratan pemerintah pada platform elektronik untuk tinjauan organisasi.

Sebuah komite yang diketuai oleh presiden universitas, Dr. Abdul Aziz Assa’rani, mengawasi 100 anggota yang mewakili 22 badan pemerintah, sipil, amal dan sukarelawan.

Diketahui, mereka bertugas membentuk kriteria termasuk memenuhi tujuan yang ditetapkan oleh Proyek Strategi Wilayah Madinah dan peluncuran program 'Kota Manusiawi'.

WHO berpendapat, kota yang sehat adalah kota yang terus-menerus menciptakan dan meningkatkan lingkungan fisik dan sosial, serta memperluas sumber daya komunitas yang memungkinkan orang untuk saling mendukung satu sama lain dalam menjalankan semua fungsi kehidupan dan berkembang secara maksimal. Kota Madinah pun dinilai oleh WHO sebagai kota sehat karena sudah memenuhi syarat dan kriteria tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES