Pendidikan

Masuk Final Kompetisi Robot Nasional, MI Darul Ulum Widang Pamerkan Motor Kapal Tenaga Surya

Senin, 25 Januari 2021 - 14:49 | 88.81k
Tim robotik MI Darul Ulum Widang Tuban, saat akan berangkat ke Jakarta untuk mengikuti babak Final MRC, Senin, (25/01/2021). (Foto: Dok. MI Darul Ulum Widang)
Tim robotik MI Darul Ulum Widang Tuban, saat akan berangkat ke Jakarta untuk mengikuti babak Final MRC, Senin, (25/01/2021). (Foto: Dok. MI Darul Ulum Widang)

TIMESINDONESIA, TUBAN – TUBAN- Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Widang (MI Darul Ulum Widang) Tuban, berhasil lolos dan masuk grand final Madrasah Robotic Competition (MRC) 2020 tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI.

MI Darul Ulum Widang mengandalkan robot kapal bertenaga surya karya dua siswa kelas 5 ekstra robotik yaitu, Prasetio Adi Nugroho dan Firda Khalifa Nurillah. Melalui terobosan karya itu, MI Darul Ulum masuk 9 tim terbaik tingkat Nasional untuk tanding di babak grand Final di Jakarta.

Kompetisi Robot Nasional 2

"Ada 7 kategori yang diperlombakan dalam MRC 2020. Dari 7 kategori itu kita ikut berkompetisi di bidang AMPHIBIOUS SOLAR VEHICLE (ASV) dengan karya motor kapal bertenaga surya," kata Pembina Ekstra Robotik MI Darul Ulum Widang, Tuban, Nur Cahyati, Senin, (25/01/2021).

Ia menceritakan, banyak tahapan yang dilalui tim robotik MI Darul Ulum sebelum akhirnya masuk di babak final. Mulai dari tahapan seleksi berkas berupa karya tulis tentang robot yang dirakit. Seperti informasi identifikasi robot, gambar model robot, fungsi alat dan bahan robot yang dikirim via email.

Setelah lolos pemberkasan, tim robotik MI Darul Ulum masuk 30 besar nasional. kemudian dilanjutkan tahapan seleksi wawancara secara virtual dan akhirnya masuk 9 besar Nasional.

"Setelah lolos pemberkasan, kita masuk perempat final 30 besar nasional. Seleksi berikutnya wawancara virtual dan kita lolos masuk 9 besar Nasional," jelasnya.

Ditambahkannya, dalam kompetisi MRC tahun 2020, MI Darul Ulum mengandalkan ASV basic yang menggunakan panel surya sebagai sumber energi untuk menggerakan motor yang ada pada kapal.

Keunggulan lainnya, robot kapal tersebut juga bisa menggunakan energi dari cahaya lampu. Selain itu juga didukung desain minimalis dan berbahan poliform yang ringan. Sehingga memungkinkan kapal bisa melaju kencang.

"Dengan desain minimalis dan bahan dari poliform yang sangat tipis nemungkinkan kapal kita beratnya rendah dan bisa melaju kencang," imbuhnya .

Dikatakannya, di final nanti, akan ada 2 kali pertandingan di kategori juara best desain dan juara tercepat.

Ia menarget Tim Robotik MI Darul Ulum Widang yang membawa nama Bumi Wali Tuban bisa meraih juara pertama. Terlebih di 2019 lalu tim ini meraih juara 1 best design MRC Nasional. "Target dan harapan kami tentunya menjadi juara 1. Karena di 2019 kita juara 1 best design MRC. Harapan kami semoga anak anak yang berangkat ke jakarta yang membawa nama Tuban ini mendapat juara 1," harap Nur Cahyati. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES