Ekonomi

Peneliti PKSJ UI: BLT Dana Desa Cukup Efektif Membantu Masyarakat Saat Pandemi

Senin, 25 Januari 2021 - 14:16 | 92.66k
Kepala Riset Pusat Kajian Jaminan Sosial (PKJS) Universitas Indonesia, Teguh Dartanto saat menjadi salah pembicara dalam acara seminar nasional (foto: Tweeter/KataData)
Kepala Riset Pusat Kajian Jaminan Sosial (PKJS) Universitas Indonesia, Teguh Dartanto saat menjadi salah pembicara dalam acara seminar nasional (foto: Tweeter/KataData)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kepala Riset Pusat Kajian Jaminan Sosial Universitas Indonesia (PKJS UI), Teguh Dartanto menilai kebijakan pemerintah mengalokasikan Dana Desa dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat saat pandemi covid-19 sangat tepat.

Hal ini disampaikan Teguh dalam acara diseminasi Hasil Riset Covid-19, Dana Desa dan Pemulihan Ekonomi Nasional, yang digelar secara daring di Jakarta.

"Di masa pandemi Covid-19 pemerintah cukup sigap, artinya langsung melakukan perubahan terkait dengan penggunaan dari Dana Desa. Pemerintah memperbolehkan dana desa dijadikan bagian dari social assistance program untuk penanggulangan dampak negatif dari Covid-19," kata Teguh kepada awak media di Jakarta, Senin (25/1/2021).

Selanjutnya, dia menambahkan bahwa bantuan langsung Dana Desa bersifat community targeting, artinya memang dana desa ini didesain untuk kebutuhan desa. 

Dia menegaskan, apa yang sudah dilakukan pemerintah tersebut tepat sasaran dan sangat membantu masyarakat secara langsung.

"Kenapa isu dana desa ini menjadi sebuah isu yang menarik? tujuan utama dari Dana Desa ini adalah meningkatkan pembangunan desa dan pemberdayaan desa. Ini adalah outcome yang ingin dicapai," ucap Kepala Riset PKJS UI, Teguh Dartanto. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES