Peristiwa Daerah

Mulai Besok SIM Keliling Siap Beroperasi, Masyarakat Kota Malang Wajib Tahu Ini

Senin, 25 Januari 2021 - 13:08 | 185.54k
Wali Kota Malang, Sutiaji yang didampingi Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Ramadhan Nasution saat melihat pelaksanaan pengoperasian kendaraan SIM Keliling di halaman Mapolresta Malang Kota. (FOTO: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Wali Kota Malang, Sutiaji yang didampingi Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Ramadhan Nasution saat melihat pelaksanaan pengoperasian kendaraan SIM Keliling di halaman Mapolresta Malang Kota. (FOTO: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Satlantas Polresta Malang Kota siap operasikan layanan SIM keliling mulai besok, Selasa (26/01/2021).

Kendaraan yang baru saja diresmikan tersebut akan beroperasi di beberapa titik sesuai jadwal yang telah disiapkan oleh pihak Satlantas Polresta Malang Kota.

SIM-Keliling-2.jpg

Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Ramadhan Nasution mengatakan, SIM keliling tersebut mulai besok akan beroperasi di kawasan Taman Krida Budaya, Soekarno-Hatta (Suhat) mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB.

"Untuk besok lokasinya di Taman Krida Budaya, tapi setiap harinya kita akan berpindah-pindah sesuai jadwal yang nanti kita infokan ke masyarakat mas. Seperti sekarang kita sudah infokan bahwa besok ada kegiatan di Taman Krida Budaya," ujar Rama saat dikonfirmasi via telepon, Senin (25/01/2021).

Untuk SIM keliling tersebut akan melayani para pemohon perpanjangan SIM dan tidak bisa untuk membuat SIM baru. Dirinya juga mengatakan SIM keliling hanya bisa melayani pemohon SIM A dan SIM C saja.

"Jadi hanya untuk perpanjangan saja dan para pemohon SIM A dan SIM C saja mas. Selain itu juga yang perlu diketahui lagi, ini khusus untuk masyarakat Kota Malang dan domisili Kota Malang saja," ungkapnya.

Jadwal operasi SIM keliling sendiri, setiap satu minggu akan dilakukan dua kali, yakni pada hari Selasa dan hari Jumat dengan kuota pemohon setiap harinya diperkirakan menampung 50 pemohon.

"Jadi kalau kuotanya dengan jam operasionalnya yang dari jam 08.00 WIB sampai 11.00 WIB kemungkinan nanti bisa menampung 50 pemohon ya," katanya.

Sementara itu, untuk hasil tes kesehatan atau psikotes yang wajib dibawa oleh setiap pemohon. Pihak Satlantas Polresta Malang Kota memberitahukan untuk para pemohon bisa melakukan tes dimana saja dan pihaknya pun juga telah menyediakan layanan tes kesehatan atau psikotes.

"Untuk test kesehatan itu dimana saja boleh, tapi kita juga telah menyediakan yang bekerjasama dengan pihak psikologi. Kalau mau menggunakan yang kita sediakan boleh atau membawa dari luar juga diperbolehkan. Pastinya untuk yang kita sediakan itu memang khusus untuk para pemohon SIM," jelasnya.

Selain itu juga untuk para pemohon perpanjangan SIM, lanjut Rama, pihaknya akan melayani para pemohon perpanjangan SIM yakni kurang dari dua hari sesuai masa aktif SIM tersebut.

"Yang kita layani itu H-2 sebelum masa aktif SIM berakhir. Hampir sama dengan yang biasanya dilakukan di Satpas Malang Kota," imbuhnya.

Setelah itu, pihak pemohon harus menyiapkan dana pembayaran dengan nominal untuk SIM A sebesar Rp 80 ribu dan SIM C sebesar Rp 75 ribu di layanan SIM keliling tersebut. "Pastinya kita akan menyiapkan beberapa alat dan penataan tempat antre sesuai protokol kesehatan. Jadi nanti akan diarahkan oleh petugas yang berada di lokasi dan pemohon juga wajib menggunakan masker," katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES