Wisata

Kota ‘Festival’ Pariaman, Surga Wisata di Sumatra Barat dan Asia Tenggara

Senin, 25 Januari 2021 - 11:44 | 40.01k
Peresmian Pentas Seni Pantai Kata Kota Pariaman. (Foto: Pariamankota.go.id)
Peresmian Pentas Seni Pantai Kata Kota Pariaman. (Foto: Pariamankota.go.id)

TIMESINDONESIA, PARIAMANKota Pariaman, Sumatra Barat, terus berbenah. Kota dengan julukan The Sunset of Indonesia tersebut kini telah berikrar menjadi Kota Festival. Untuk tahun ini, Pariamian akan menyuguhkan 45 event yang akan menjadi surga bagi para wisatawan.

Inovasi gemilang dalam mendorong kemajuan sektor pariwisata tersebut ditandai dengan Soft Launching 45 Top Calender of Event (COE) Pariaman Festival 2021, oleh Wali Kota Pariaman, Dr H Genius Umar, S Sos, M Si, pada Sabtu kemarin (23/1/2021). Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan peresmian lokasi acara, yakni Pentas Seni Pantai Kata.

Sekaligus peluncuran event perdana Pariaman Festival 2021, Pariaman Culture Every Week.

“Dengan event Pariaman Culture Every Week, mulai saat ini masyarakat dan wisatawan setiap minggu akan dimanjakan dengan penampilan apik pelaku seni tradisional Kota Pariaman,” katanya, Senin (25/1/2021).

Disebutkan, 45 event festival sepanjang tahun 2021 merupakan lambang sebuah semangat dan harapan. Yaitu semangat perjuangan 45 dalam menjadikan Kota Pariaman sebagai surga kunjungan wisata di Provinsi Sumatera Barat.

“Kami berharap Kota Pariaman bukan hanya menjadi favorit kunjungan wisata di Sumatera Barat, tapi juga di Asia Tenggara,” cetus Genius Umar.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman (Kadisparbud Kota Pariaman), Dwi Marhen Yono, S.STP, M.Si, menambahkan, dengan kekayaan panorama alam, seni dan budaya, dia mengaku optimis Kota Pariaman akan menjadi magnet wisatawan.

“Apalagi dalam 45 event Pariawan Festival 2021, mencakup seluruh minat wisatawan, mulai wisata alam, sport tourism, seni dan budaya,” ucapnya.

Kota Pariaman, lanjut Marhen, juga didukung kemudahan transportasi. Karena letak geografisnya berada tak jauh dari Bandara Internasional Minangkabau. Dan yang paling istimewa, Kota Pariaman sangat kaya dengan pantai yang indah.

“Menindak lanjuti arahan Bapak Menparekraf (Mementeri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Bapak Sandiaga Uno, serta bimbingan Bapak Wali Kota Pariaman, Bapak Genius Umar, ada 3 langkah dalam membangkitkan kembali perkembangan pariwisata di tengah pandemic, adaptasi, inovasi dan kolaborasi. Dan itu yang sedang kita lakukan untuk Kota Pariaman,” ulas Marhen.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, Novrial saat menghadiri Soft Launching 45 Top COE Pariaman Festival 2021, juga menyampaikan keyakinannya.

“Kami yakin Kota Pariaman bisa menjadi Kota Festival di Sumatera Barat,” katanya.

Menurutnya, banyaknya pentas seni dan arena olahraga di Kota Pariaman yang berada disepanjang pantai merupakan daya tarik tersendiri. Diantaranya, Pentas Seni Gandoriah, Pentas Seni Pantai Kata, Anjungan Gandoriah, pedestrian, dan arena skateboard.

“Bukan hanya kemajuan sektor wisata, namun berbagai sarana ini dapat membangkitkan gairah pemuda Kota Pariaman untuk tampil, beratraksi dan mengasah kreativitas,” ungkap Novrial yang memuji pencanangan Pariaman sebagai Kota Festival. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES