Peristiwa Internasional

11 Penambang Emas yang Terjebak Selama 14 Hari Berhasil Diselamatkan

Senin, 25 Januari 2021 - 08:28 | 62.57k
Dibutuhkan beberapa jam hingga 11 penambang dibawa keluar dari lubang tambang pada Minggu pagi. (FOTO:BBC/AFP)
Dibutuhkan beberapa jam hingga 11 penambang dibawa keluar dari lubang tambang pada Minggu pagi. (FOTO:BBC/AFP)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tim penyelamat di China berhasil menyelamatkan 11 penambang emas yang terjebak di kedalaman 600 meter (2000 kaki) di bawah tanah sejak dua pekan.

Terowongan pintu masuk ke tambang emas Hushan di provinsi Shandong itu runtuh dan menyumbat terowongan setelah ada ledakan pada 10 Januari 2021 lalu. Masih belum jelas penyebab ledakan itu, dan pihak berwenang China masih menyelidiki.

"Pada Minggu (10 Januari) pagi, penghalang besar yang menutup sumur tiba-tiba jatuh ke dasar lubang, memungkinkan pekerjaan penyelamatan mengambil langkah besar ke depan," kata pemimpin penyelamat, Du Bingjian kepada Global Times dikutip BBC.

Waktu itu ada sekitar 29 orang penambang yang terjebak di dalamnya.

Sempat selama seminggu, tidak ada tanda-tanda kehidupan. Namun pada 17 Januari lalu, regu penyelamat merasakan tarikan pada salah satu tali yang mereka masukkan melalui lubang kecil yang menuju daerah ke kegelapan.

Sejak itu para penyintas tersebut  bisa berhubungan secara teratur dengan tim penyelamat berkat sebuah catatan yang tertulis di kertas yang mereka kirim melalui tali itu menyebutkan ada kelompok yang berjumlah 12 orang penambang, 11 orang masih hidup, dan lainnya terperangkap jauh di bawah, lebih dalam lagi.

Sejak itu berbagai upaya kemudian dilakukan para penyelamat. Para penambang itu kemudian dikirimi bubur dan cairan nutrisi, bahkan mereka juga minta dikirimi makanan tradisional berupa sosis.

Terowongan pintu masuk ke tambang emas Hushan di provinsi Shandong runtuh setelah ledakan pada 10 Januari 2021 lalu. Sebanyak 22 penambang terjebak sejak saat itu. Belum diketuai penyebab ledakan yang menyebabkan 1 orang meninggal dunia itu.

Minggu pagi (25/1/2021) penambang pertama berhasil ditarik ke atas. Matanya ditutup untuk melindungi dari sinar cahaya dan ia langsung dilarikan ke rumah sakit karena kondisinya lemah.

Satu jam kemudian 10 penambang lagi berhasil diangkat dari dalam tambang dan satu diantaranya terlihat terluka. Namun beberapa penambang yang diselamatkan itu tampak ada yang bisa berjalan sendiri. Semuanya kemudian dilarikan ke rumah sakit.

Upaya penyelamatan para penambang emas di Hushan di provinsi Shandong, China yang terjebak di kedalaman 600 meter (2000 kaki) di bawah tanah sejak dua pekan itu diintensifkan karena diperkirakan akan membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk bisa mencapai sasaran. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES