Wisata

Pemkot Tidore Usulkan Pulau Maitara Jadi Destinasi Wisata Super Premium

Minggu, 24 Januari 2021 - 21:17 | 204.60k
Foto udara destinasi wisata Pulau Maitara, Kota Tidore Kepulauan. (Foto: Dok Disbudpar Tikep)
Foto udara destinasi wisata Pulau Maitara, Kota Tidore Kepulauan. (Foto: Dok Disbudpar Tikep)

TIMESINDONESIA, TIDOREPemkot Tidore melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara, mengusulkan Pulau Maitara sebagai wisata super premium melalui Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi RI.

Program ini menurut Kepala Disbudpar Tikep Yakub Husain untuk menyelesaikan masalah pengembangan pariwisata di Kota Tidore Kepulauan khususnya yang berada di tingkat Desa.

Pengembangan wisata super premium ini diawali dari Empat Desa yang berada di Pulau Maitara Kecamatan Tidore Utara. Pulau itu menjadi pintu masuk untuk Pemkot Tikep membangun kolaborasi dengan Kemenkomarvest RI.

Pulau Mutiara a

"Jika usulan kami ini berhasil diakomodir pada tahun 2021, maka kedepannya setiap desa yang memiliki potensi wisata, akan kami usulkan juga untuk dikembangkan wisata super premium," Yakub kepada TIMES Indonesia di Tidore, Minggu (24/1/2021)

Yakub bilang, tujuan dari program ini dalam rangka mencari peluang untuk menyelesaikan problem wisata di Kota Tikep, sebab kata dia jika mengandalkan APBD Tikep tentu tidak akan cukup.

Pulau Mutiara b

Ia memaparkan pengembangan wisata super premium ini mengacu pada design yang telah dirancang oleh Disbudpar Tikep. Kemenkomarvest diharapkan dapat membantu menyelesaikan persoalan amenitas yang masih kurang di Pulau Maitara. Misalnya, penambahan Cottage, pembangunan restoran diatas laut.

Sementara untuk Pemkot Tidore, lanjut Yakub, akan fokus menyelesaikan perhatiannya pada sektor-sektor vital pendukung pariwisata, seperti penyediaan tempat pembilas, drainase, dan pengerukan air laut untuk dijadikan tempat renang bagi para pengunjung di Pulau Maitara.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES