Wisata

Yuk, Nikmati Sensasi Keliling Kota Santri dengan Naik Dokar

Minggu, 24 Januari 2021 - 16:57 | 127.36k
Para Kusir Dokar saat mangkal di Taman Kebon Rojo Jombang. (Foto: Rohmadi/TIMES Indonesia)
Para Kusir Dokar saat mangkal di Taman Kebon Rojo Jombang. (Foto: Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Di Kabupaten Jombang dokar masih banyak dijumpai di tengah kota. Kini dokar beralih fungsi, jika dulu dokar dijadikan alat transportasi untuk memuat barang kini dokar di Kota Santri tengah menjadi angkutan wisata.

Kita bisa menikmati indahnya kota santri dengan naik kereta kuda ini. Setiap hari para ojek dokar ini selalu mangkal di area Kebon Rojo Jombang.

"Mulai mangkal setiap pagi sekitar jam 8 pagi sampai nanti jam 8 malem," ujar Sutaji (60), salah satu kusir pemilik dokar, saat ditemui TIMES Indonesia, Minggu (24/1/2021).

Para Kusir Dokar b

Untuk menikmati keliling kota santri penumpang tidak perlu kawatir dengan harga yang mahal. Pengumpang cukup mengeluarkan uang sebesar 20 ribu rupiah bisa menikmati sensasi keliling kota Jombang naik kereta kuda bersama keluarga.

"1 dokar bisa dinaiki 2-3 orang penumpang dengan tarif 20 ribu sekali putaran jika rutenya agak jauh 40 ribu," ungkap kusir asa Diwek Jombang tersebut.

Sutaji mengaku, sejak 30 tahun yang lalu ia menekuni pekerjaan ini. Hasilnya juga lumayan setiap harinya ia memperoleh uang kisaran 200-400 ribu rupiah.

"Ada 12 orang yang ikut mangkal disini. Namun kita tetap berimbang kita pakai sistem antri. Jadi lebih enak tidak saling berebut pelanggan. Namun, disituasi pandemi ini pelanggan sering berkurang karena Kebon Rojo juga di tutup kemaren, sekarang mulai rame lagi kalau hari sabtu minggu," bebernya.

Sutaji berharap pandemi segera usai kehidupan kembali berjalan normal. Mengingat setiap harinya ia bersama kusir penarik dokar menggantungkan nasibnya disana. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES