Peristiwa Daerah

Polres Mojokerto Akan Gelar Donor Plasma Konvalesen

Minggu, 24 Januari 2021 - 16:28 | 40.64k
Proses pengambilan donor plasma konvalesen di Lapangan Polres Mojokerto (21/01/2021). (Foto: Thaoqid Nur Hidayat/TIMES Indonesia)
Proses pengambilan donor plasma konvalesen di Lapangan Polres Mojokerto (21/01/2021). (Foto: Thaoqid Nur Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MOJOKERTO – Polisi Resort (Polres) Mojokerto akan kembali menggelar Donor Plasma Konvalesen pada Selasa (26/01/2021). Berkoordinasi bersama Palang Merah Indonesia berharap agar banyak masyarakat penyintas Covid-19 berpartisipasi pada kegiatan ini.

Dikutip dari kontan.co.id Plasma konvalesen merupakan plasma yang diambil dari pasien covid-19 yang telah dinyatakan sembuh oleh pihak rumah sakit. Kemudian plasma akan diberikan kepada pasien covid-19 yang sedang dalam masa perawatan dan memiliki gejala berat.

plasma-konvalesen-2.jpg

Masyarakat perlu memahami kriteria dan alur dari donor plasma konvalesen. Dikutip dari Facebook PMI Mojokerto terdapat 6 alur donor plasma konvalesen.

1. Pasien covid-19 yang telah sembuh dan tidak memiliki gejala selama 14 hari, dapat segera menghubungi RS dan UDD PMI.

2. Calon pendonor akan diwawancara melalui telepon.

3. Pendonor akan mengisi inform consent (penyampaian informasi dari dokter atau perawat kepada pasien sebelum suatu tindakan medis dilakukan.)

4. Pengambilan sampel darah untuk screening darah sakaligus dilakukan pengukuran berat/tinggi badan, kadar hemoglobin, tensi darah, dan golongan darah.

5. Jika memenuhi syarat akan dilakukan pengambilan plasma konvalesen.

6. Distribusi ke rumah sakit.

Selain itu terdapat syarat-syarat yang wajib dipenuhi calon pendonor plasma konvalesen. Dihubungi TimesIndonesia, PMI Mojokerto menunjukkan syarat-syarat calon pendonor plasma konvalesen.

1. Berusia 18-60 tahun

2. Tidak pernah memiliki riwayat transfusi darah selama 1 tahun terakhir.

3. Diutamakan laki-laki, jika perempuan tidak pernah memiliki riwayat hamil.

4. Tidak memiliki gejala Covid-19.

Didik Sudarsono selaku  Kasi Pelayanan & PB mengajak masyarakat agar mendonorkan plasma konvalesen.

"Mohon Bantuan kawan-kawan semua. Dalam rangka pendataan Donor Plasma Konvalesen Mojokerto maka pada hari Selasa tgl 26 Januari 2021 diadakan screening di Polres Mojokerto, pada pukul 08.00 WIB," terangnya kepada TIMES Indonesia.

Pak Didik sapaan akrabnya juga menyerukan masyarakat agar membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan melalui Donor Plasma Konvalesen. "Untuk yang pernah terpapar atau para penyintas Covid-19, ayo kita bantu saudara-saudara kita yg saat ini sedang sakit," pungkasnya. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES