Ekonomi

Potensi Kopi Sumsel, Pelindo II - Pemkot Palembang Berminat Kembangkan Pabrik Kopi

Minggu, 24 Januari 2021 - 15:27 | 40.22k
Ilustrasi.
Ilustrasi.

TIMESINDONESIA, PALEMBANG – PT Pelindo II (Persero) Cabang Palembang berencana membangkitkan produksi kopi di Sumatera Selatan. PT Pelindo II akan memanfaatkan 135 hektar tanah, di daerah Sungai Lais, Palembang untuk mengembangkan pabrik kopi sendiri.

PT Pelindo akan menarik investor guna pengembangan pabrik kopi di Pelabuhan Sungai Lais yang dinilai memungkinkan dalam pengembangan pabrik itu sendiri.

“Peran Pelindo sebagai pengelola pelabuhan memfasilitasi terkait lahan tanah untuk lokasi pabrik yang akan kita kembangkan di Pelabuhan Sungai Lais, karena memang di situ masih memungkinkan untuk pengembangan pabrik,” kata GM PT Pelindo II (Persero) Cabang Palembang, Silo Santoso.

Mentan-Sulbar09e7756a548a617b.jpg

Menurutnya, ini juga sudah dibicarakan bersama Walikota Palembang Harnojoyo dalam audiensi. “Sehingga nantinya kopi Sumatera Selatan ini bisa memberikan kesejahteraan maksimal bagi masyarakat Sumatera Selatan, khususnya dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada umumnya,” terang dia.

“Keunggulannya di Sungai Lais ini karena memiliki jarak yang dekat dan ongkosnya akan lebih murah. Mengelolahnya di Sungai Lais dan Ekspornya juga nanti melalui Pelabuhan Boom Baru,” katanya.

Pihaknya berharap industri tersebut mampu menyerap para tenaga kerja khususnya di Palembang.

Diketahui, saat ini telah dilakukan pengerasan jalan sepanjang 2 Kilometer dengan pengecoran pada menuju Jalur Lingkar. Jalan itu nantinya akan menyambung dengan jalan lingkar selatan hingga di jalan di kebun sayur.

Dan kita ketahui juga, bahwa ini juga merupakan alternatif dalam mengurangi kepadatan angkutan masuk kota. Dan terutamanya untuk menarik para investor untuk menanamkan modalnya di Sungai Lais.

Data yang dihimpun TIMES Indonesia, Minggu (24/1/2021) dari website Kementerian Pertanian RI perkebunan kopi luasnya mencapai 152 ribu hektar. Yang mayoritas diberada didataran tinggi bukit barisan Sumsel seperti Muara Enim, OKU Selatan, Pagar Alam, Empat Lawang dan lainnya.

Pemerintah Kota Palembang bersama PT Pelindo II akan terus berupaya mengaet para investor. "Mudah-mudahan nanti, bersama Pelindo kita akan mengupayakan bagaimana investor, dalam hal ini pabrik kopi dapat segera berlangsung seperti apa yang menjadi harapan kita ini," kata Walikota Palembang Harnojoyo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES