Peristiwa Daerah

Pemprov Malut Ajukan Pengunduran STQ Nasional 2021, Ini Alasannya

Minggu, 24 Januari 2021 - 09:21 | 148.20k
Pembangunan Masjid Raya Sofifi yang akan menjadi pusat pelaksanaan STQ Tingkat Nasional 2021. (Foto: Wahyudi Yahya)
Pembangunan Masjid Raya Sofifi yang akan menjadi pusat pelaksanaan STQ Tingkat Nasional 2021. (Foto: Wahyudi Yahya)

TIMESINDONESIA, SOFIFI – Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Pemprov Malut) secara resmi mengajukan pengunduran waktu pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur'an atau STQ Nasional yang akan dipusatkan di Ibukota provinsi Sofifi, Kota Tidore Kepulauan.

Sesuai jadwal, STQ 2021 akan dilaksanakan pada bulan Juli 2021, namun dengan berbagai pertimbangan akhirnya diusulkan untuk diundur ke bulan Oktober 2021.

"Sudah disampaikan (usul ke Kemenag RI), menunggu jawaban (Kemenag RI)," kata Ketua Panitia STQ Nasional Maluku Utara, Salmin Janidi melalui pesan instan whatsapp, Minggu (24/1/2021).

Salmin mengungkapkan, ada dua alasan utama keputusan itu diambil. Pertama dikhawatirkan terjadi benturan waktu di bulan Juli 2021, jika musim haji tahun ini dibuka oleh Pemerintah Arab Saudi. Daerah, tentu akan disibukkan dengan keberangkatan jamaah calon haji (JCH).

Kemudian alasan kedua, kondisi infrastruktur yang sedang dibangun. Ia berharap akan rampung pada pertengahan tahun.

"Sehingga bulan Oktober atau November kita maksimal persiapannya," terang Salmin yang juga Kepala Bappeda Malut ini.

Terpisah, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Samsuddin A Kadir menyampaikan bahwa, Pemda dan panitia daerah prinsipnya siap meskipun pelaksanaan STQ tetap dijadwal saat ini.

"Kita bisa akan memacu di bulan Juli, tapi kan agak terburu-buru akhirnya minta ke Oktober supaya kita lebih maksimal lagi," ucap Sekprov kepada TIMES Indonesia

Samsuddin menambahkan, alasan lain pengunduran gelaran STQ nasional adalah bertepatan dengan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua. "Sehingga adanya sinergitas dengan acara (nasional) agar tidak tumpang tindih," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES