Peristiwa Daerah

Hujan Jadi Penyebab Banjir Kalsel, WALHI: Perusahaan Tambang Tak Merusak Alam? 

Minggu, 24 Januari 2021 - 08:24 | 36.68k
Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Kalimantan Selatan, Kisworo Dwi Cahyono (foto: Dokumen/WALHI Kalsel)
Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Kalimantan Selatan, Kisworo Dwi Cahyono (foto: Dokumen/WALHI Kalsel)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Kalimantan Selatan (Kalsel), Kisworo Dwi Cahyono menyayangkan pernyataan Presiden RI Jokowi soal hujan dan keadaan sungai sebagai penyebab banjir Kaslel.

Menurut Kisworo keberadaan perusahaan sawit dan tambang harusnya juga diusut.

"Harusnya, usut tuntas keberadaan perusahaan sawit dan tambang. Kita diskusikan bersama mitigasinya bagaimana," kata Kisworo saat dihubungi TIMES Indonesia di Jakarta, Minggu (24/1/2021).

Kisworo mendesak Presiden segera memanggil pemilik perusahaan-perusahaan sawi dan tambang untuk berdiskusi bersama dan mencari jalan keluar.

Kisworo juga menambahkan, dialog terbuka adalah solusi terbaik bagi masyarakat Kalimantan Selatan. Jika keberadaan perusahaan tambang yang selalu mengeruk sumber daya alam di Kalsel tersebut tidak dilibatkan maka mereka akan tetap bersikap acuh, apalagi dalam situasi banjir seperti saat ini.

"Seharusnya Jokowi hadir dan kuat. Selain penanganan korban banjir dan menjamin keselamatan rakyatnya. Salah satunya berani memanggil pemilik perusahaan tambang, sawit, HTI, HPH. Dan kita dialog terbuka. Di hadapan rakyat dan organisasi masyarakat sipil," kata Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Kalsel.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES