Peristiwa Daerah

Tabrakan Kapal di Perairan Gresik, Lima ABK Masih dalam Pencarian

Minggu, 24 Januari 2021 - 08:38 | 50.20k
Petugas saat mengevakuasi anak buah kapal yang selamat (Foto: Kasatpolairud Polres Gresik AKP Mayhur Ade for TIMES Indonesia).
Petugas saat mengevakuasi anak buah kapal yang selamat (Foto: Kasatpolairud Polres Gresik AKP Mayhur Ade for TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIKTabrakan kapal antara KM Tanto Bersinar dan kapal tug boat TB Mitra Jaya XIX terjadi di Area Bouy 3 Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) di Perairan Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Sejumlah anak buah kapal dilaporkan hilang, saat ini petugas masih melakukan pencarian. Sementara tim gabungan evakuasi korban dari personil Polairud Direktorat BKO Gresik, Polairud Gresik dan KPLP Gresik.

Kasatpolairud Polres Gresik AKP Masyhur Ade mengatakan tiga anak buah kapal TB Mitra Jaya XIX dari total 8 ABK selamat dievakuasi. Sementara, lima orang masih dalam pencarian karena belum ditemukan.

"Total lima anak buah kapal yang kami cari. kapal TB Mitra Jaya XIX ada 8 orang, 3 orang lainnya selamat, sedangkan yang dari kapal tongkang kami evakuasi 3 orang," katanya, Minggu (24/1/2021).

Ade menjelaskan, identitas anak buah kapal TagBoat yang selamat ada tiga yakni Syahrul (43) asal Semarang dengan jabatan Nahkoda, Larusman (25) asal Buton jabatan Masinis 2 dan La Ode Ahmad Syukur (22) asal Wakatobi jabatan masinis 3.

"Sementara, anak buah kapal tongkang yaknu Basunu asal Pontianak jabatan kepala tongkang dan Agung Dwi Prayitna asal Pontianak dengan jabatan surveyor," ungkap Ade.

Kasatpolairud menceritakan kronologis kejadian kapal yang bertabrakan pada Sabtu (23/1/2021) siang. Awalnya KM Tanto Bersinar bertabrakan dengan kapal tug boat TB Mitra Jaya XIX itu mengenai kapal tali kapal tug boat TB Mitra Jaya XIX.

Sedangkan, salah satu kapal itu membawa tongkang isi minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) yang akan dibawa ke Pelabuhan PT Kias Manyar Gresik. 

“Saat kejadian, kapal yang nabrak kena tali, keseret, sehingga tug boat terbalik dan kapal tongkang masih aman," ungkap Ade 

Sampai hari ini, Satpoairud Polres Gresik terus koordinasi dengan Direktorat Polairud Polda Jatim dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas).

“Mulai kemarin ada kapal Direktorat Polairud Polda Jatim beserta Basarnas melakukan pencarian,” ungkap Masyhur Ade menanggapi tabrakan kapal di Gresik, lima orang dilaporkan hilang dan masih dalam pencarian. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES