Entertainment

Rilis Single The Fakes, Peter End: Lirik Adalah Senjata Utama 

Sabtu, 23 Januari 2021 - 16:25 | 98.46k
Musisi hip hop Peter End. Pose teranyar ini ia persembahkan untuk single baru bertajuk The Fakes. (foto: Dok Peter End)
Musisi hip hop Peter End. Pose teranyar ini ia persembahkan untuk single baru bertajuk The Fakes. (foto: Dok Peter End)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Musisi hip hop Peter End menyambut penghujung Januari dengan karya anyar dengan lirik kuat. The Fakes adalah tajuk single yang cukup tajam, menguak realita dan fenomena industri musik saat ini.

Peter End membongkar dua perspektif berbeda. Perbandingan musisi independen sebagai musisi idealis dan musisi label sebagai musisi materialistis. 

"Ada kontradiksi yang saya tampilkan di sini," jelas Peter End, Sabtu (23/1/2021). 

Ada emosi yang coba ia olah dan luapkan dalam tiap lirik lagu. Pada verses ke-III - bad promotion is important in your skin. Promosi buruk-ini juga promosi. Maka, tak heran apabila perjalanan merilis single ini ia sebut cukup memakan waktu. 

"Lumayan, karena ini dekat dengan personal experience saya sebagai musisi, lagu saya sendiri juga membahas soal dunia musik di sini," ucap jebolan UPN Surabaya Jurusan Hubungan Internasional tersebut. 

Menurut Peter End, jalur independen telah berkembang pesat dengan bantuan teknologi. Banyak platform pendukung yang menunjang musisi indie tetap bisa berkarya tanpa tergantung label. The Fakes bisa dijelajahi di Spotify dan YouTube, sementara saat tim tengah merampungkan proses ITunes. 

"Menurut saya dengan adanya platform tambahan di era sekarang ini akses semakin mudah. Jadi nggak perlu ribet ikut-ikut label. Cukup kerja kolektif sama teman-teman komunitas lain sama-sama ngangkat," jelas cowok kelahiran Surabaya, 25 Agustus 1997 ini.

The Fakes makin melengkapi single sebelumnya 6 Feet Deep. Dua tahun berkarya di skena hip hop lokal Jawa Timur, Peter End mampu membuktikan komitmen dan konsistensinya. 

"Saya terjun di aliran hip hop sejak 2018 silam. Saya suka lirik dan menurut saya lirik di musik hip hop itu senjata utama," ujar pengidola Eminem dan KRS One itu. 

Single The Fakes merupakan salah satu track dari Album Peter End yang rencananya akan dirilis pada tahun 2022 mendatang. 

Dalam project ini, Peter End sekaligus menjadi pemicu untuk perkembangan pergerakan hip-hop di Jawa Timur.

Tentunya Peter End tidak sendiri untuk turut membesarkan pergerakan hip-hop di wilayahnya. Selain Blackroc Guerilla sebagai base yang merilisnya, Peter End juga ditemani Cash Agency dan Bang Julid yang dikemas dalam project Lintas Generasi. Nantinya project ini juga akan merilis talent-talent atau musisi generasi muda Jawa Timur lainnya.(*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES