Wisata

Air Pemandian Goa Cirengganis Pangandaran Dipercaya Bikin Air Awet Muda

Sabtu, 23 Januari 2021 - 14:53 | 216.13k
Pemandian Goa Cirengganis di Cagar Alam Pangandaran (foto: Dok. Ujang/Pemandu Wisata Cagar Alam)
Pemandian Goa Cirengganis di Cagar Alam Pangandaran (foto: Dok. Ujang/Pemandu Wisata Cagar Alam)

TIMESINDONESIA, PANGANDARAN – Taman Cagar Alam Pangandaran tak hanya memiliki keanekaragaman flora dan fauna. Akan tetapi, terdapat pula banyak goa alam dan prasasti-prasasti yang bernilai sejarah. Salah satunya ialah Goa Cirengganis.

Berdasarkan pantauan TIMES Indonesia pada Sabtu (23/01/2021), Goa Cirengganis memiliki tempat pemandian. Sebagian masyarakat meyakini siapapun yang mandi dan membasuh anggota badannya menggunakan air tersebut akan awet muda. Maka tak heran, pemandian Cirengganis selalu ramai oleh wisatawan.

“Pemandian Cirengganis ini dulunya sering digunakan oleh Permaisuri Raja,” ujar Ujang Sutiana, salah seoang pemandu wisata cagar alam.

Terlepas dari mitos mengenai air yang bisa membuat awet muda tersebut, Goa Cirengganis ini sarat nilai dan kisah sejarah. Permaisuri yang bernama Dewi Rengganis menjadikan tempat pemandian ini bernama Cirengganis. Dahulu terdapat Kerajaan di Jawa Barat yang bernama Galuh Pangauban dan dipimpin oleh Pangeran Anggalarang.

Maka banyak prasasti dan peninggalan kerajaan Galuh Pangauban yang terdapat di Taman Suaka Cagar Alam. Banyak pula tempat atau goa-goa yang menjadi tempat pelarian orang-orang kerajaan Galuh Pangauban. Tak terkecuali Pangeran Anggalaran dan sang Permaisuri Dewi Rengganis semasa perang antar kerajaan.

“Nama Goa Cirengganis ini juga diambil dari nama Permaisuri Raja yang pernah mandi di sana, Ci itu artinya cai atau air. Jadi Cirengganis artinya Airnya Putri Rengganis,” tambah Ujang.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES