Peristiwa Daerah

Haji 2021 Belum Ada Kepastian, CJH di Pagaralam Diminta Bersabar

Sabtu, 23 Januari 2021 - 13:51 | 42.94k
Kepala Kankemenag Kota Pagaralam H Win Hartan SAg MPdI
Kepala Kankemenag Kota Pagaralam H Win Hartan SAg MPdI

TIMESINDONESIA, PAGARALAM – Belum adanya kepastian penyelenggaraan Ibadah Haji 2021, membuat seluruh Calon Jamaah Haji (CJH) harus bersabar menunggu kewenangan  pemerintah Arab Saudi, hal itu juga yang dialami CJH asal Kota Pagaralam.

Kepala Kankemenag Kota Pagaralam H Win Hartan SAg MPdI melalui Kasi Pelaksanaan Haji Dan Umrah H Silahuddin pada Sabtu (23/1/2021) menyatakan, bahwa saat ini CJH hampir seluruh dunia tengah menunggu kebijakan yang dikeluarkan Arab Saudi.

Sementara opsinya sendiri, jelas Silahudin, kalaupun ada penyelenggaraan haji di tahun 2021 ini yakni apakah berangkat semua, atau berangkat 50 persen dari kuota yang ada. Atau bahkan tidak ada sama sekali dan ditunda tahun depan.

"Yang jelasnya kita masih menunggu, dan berharap kalaupun ada, CJH asal Pagaralam bisa berangkat," ucapnya.

Silahudin tidak menampik, dengan belum adanya kepastian penyelenggaraan ibadah haji ini, kerap dikeluhkan oleh CJH, terutama CJH yang batal berangkat tahun 2020 lalu.

"Namun mau bagaimana, karena ini tidak hanya dialami oleh CJH asal Indonesia saja khususnya Kota Pagaralam, namun juga dialami seluruh CJH dari berbagai negara, sehingga mau tidak mau harus bersabar," sebutnya.

Lebih jauh Silahuddin mengatakan, bahwa pihaknya selalu menjalin komunukasi dan pendekatan dengan CJH, yang saat menunggu keberangkatan, baik secara langsung maupun melalui Group whatshaap (WA), dengan tujuan agar dapat memupuk kesabaran para CJH.

"Dan Alhamdulillah meskipun belum ada jadwal keberangkatan, bahkan ada yang sempat batal berangkat, namun tidak ada satupun CJH (di Kota Pagaralam) yang menarik iuran yang sudah mereka lunasi," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES