Wisata

Sungai Selangis Pagaralam Mulai Ditata untuk Destinasi Wisata

Sabtu, 23 Januari 2021 - 13:31 | 73.38k
Bhabinkamtibmas Polsek Dempo Utara, Bripka Raswan Hadi mengecek lokasi wisata tubing Sungai Selangis di Dusun Gunung Agung Lama  (Foto : Asnadi/Times Indonesia)
Bhabinkamtibmas Polsek Dempo Utara, Bripka Raswan Hadi mengecek lokasi wisata tubing Sungai Selangis di Dusun Gunung Agung Lama (Foto : Asnadi/Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAGARALAM – Warga Dusun Gunung Agung Lama Kelurahan Agung Lawangan Kecamatan Dempo Utara Kota Pagaralam menata aliran Sungai Selangis.

Hasilnya adalah sebuah lokasi wisata di aliran sungai menggunakan ban yang dikenal dengan sebutan tubing.  "Itu lokasi tubing. Lokasinya tak jauh dari kantor kelurahan," ujar Lurah Agung Lawangan Dadi Sastrawan SE, ketika dihubungi Sabtu (23/1)

Dadi mengatakan, lokasi itu ditata oleh warga setempat sekira dua pekan lalu untuk menopang konsep desa wisata. Wisatawan dapat menyusuri aliran sungai menggunakan alat ban karet.

Hal ini diakui Dadi merupakan bentuk kreatifitas yang patut diapresiasi. "Iya. Warga memaksimalkan potensi sungai," kata Dadi.

Wisata tubing itu menarik perhatian. Tak sedikit yang penasaran sehingga datang langsung ke sana. Tak terkecuali Bhabinkamtibmas Polsek Dempo Utara, Bripka Raswan Hadi SH.

Ia kemarin datang untuk melihat langsung lokasi yang terdapat gazebo itu. Ia lalu berfoto di sana dan lalu mengunggahnya ke media sosial Facebook

Selain tubing, di Kelurahan Agung Lawangan juga terdapat shelter yang dibangun di puncak Bukit Tanjung Iran. Pembangunnya adalah sekelompok petani yang tergabung dalam Dewi Wisata Sekolah Kopi (Dewi Sekopi) Besemah.

Sama seperti tubing, shelter ini dibuat dengan konsep memanfaatkan potensi yang telah ada. Awalnya puncak bukit tersebut adalah semak belukar yang diisi pohon kaliandra.

"Kita putuskan belukarnya dibersihkan, sementara pohonnya dibiarkan. Ternyata hasilnya luar biasa indah," ujar Sekretaris Dewi Sekopi Besemah Kota Pagaralam, Kristian, beberapa waktu lalu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES