Peristiwa Daerah

Hujan Semalaman, Banjir Genangi Puluhan Rumah di Pulau Morotai

Sabtu, 23 Januari 2021 - 11:46 | 69.86k
Banjir dan tebing longsor di Desa Titigogoli, Desa Libano dan Jalan Nasional Menuju Desa Bere Bere Kecil karena, hujan semalam. (Foto: Tagana for TIMES Indonesia).
Banjir dan tebing longsor di Desa Titigogoli, Desa Libano dan Jalan Nasional Menuju Desa Bere Bere Kecil karena, hujan semalam. (Foto: Tagana for TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, MOROTAI – Sejak semalam hingga pagi ini, hujan deras mengguyur Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara membuat banjir menggenangi puluhan rumah masyarakat Desa Titi Gogoli karena meluapnya sungai di desa tersebut.

Selain itu, tergenangnya puluhan rumah di Desa Libano karena tidak adanya saluran air pembuangan dan tebing longsor di jalan nasional menuju Desa  Bere Bere Kecil, membuat ruas jalan tertutup material batu dan tanah.

Banjir-tebing-longsor-2.jpg

Informasi tersebut disampaikan Ketua Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Maluku Utara, Achmad Baligi, kepada TIMES Indonesia, Sabtu (23/1/2021) siang.

"Hujan deras sejak malam, sekitar pukul 2:00 WIT dini hari hingga pagi mengguyur Pulau Morotai membuat puluhan rumah di Desa Titigogoli dan Desa Libano tergenang air karena banjir," ungkapnya.

Selain itu, kata Mat sapaannya, terjadi tebing longsor di ruas jalan nasional hendak memasuki Desa Bere Bere Kecil, Kecamatan Morotai Jaya, membuat tertutupnya jalan oleh matrial batu dan tanah, sehingga menyulitkan pengendara melewatinya.

Banjir-tebing-longsor-3.jpg

Untuk jumlah rumah yang tergenang banjir, menurut putra Galo-Galo ini belum di ketahui pasti, karena masih dalam pendataan. "Ada puluhan rumah yang tergenang air karena banjir, baik di Desa Titigogoli maupun Desa Libano, hanya jumlah pastinya belum diketahui karena, masih dalam pendataan," ujarnya.

Ketua Tagana Maluku Utara pun mengimbau, agar masyarakat di Maluku Utara tetap waspada karena musim hujan dengan intensitas tinggi yang dapat mengakibatkan banjir dan longsor.

Sesuai Update Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Provinsi Maluku Utara Tanggal 23 Januari 2021 oleh BMKG masih berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang terjadi pada pukul 01.05 WIT di Wilayah Ternate, Pulau Hiri.

"Serta dapat meluas ke Wilayah Jailolo, Ibu, Dorume, Tobelo, Galela, Mangole, Kepulaun Sula, Tidore, Sofifi, Sidangoli dan sekitarnya.Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 03.05 WIT," terang Ketua Tagana Maluku Utara menyusul banjir di Kabupaten Pulau Morotai. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES