Peristiwa Nasional

Ultah Megawati Soekarnoputri, PDI Perjuangan Hadiahkan Buku

Sabtu, 23 Januari 2021 - 10:41 | 83.23k
Megawati Soekarnoputri, PDI Perjuangan. (dok/TI)
Megawati Soekarnoputri, PDI Perjuangan. (dok/TI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hari ini, Sabtu, 23 Januari 2021 menjadi istimewa bagi PDI Perjuangan. Megawati Soekarnoputri, ketua umum partai berlogo banteng moncong putih ini berulang tahun. Momentum itu menjadi semakin istimewa dengan persembahan buku "Merawat Pertiwi, Jalan Megawati Soekarnoputri Melestarikan Alam".

“Di hari yang istimewa ini kami mendoakan beliau agar selalu mendapatkan rahmat kesehatan, dan panjang umur. Ibu Megawati Soekarnoputri tidak hanya seorang pemimpin bagi kami. Beliau telah memberikan keteladanan bagaimana berpolitik itu harus digerakkan oleh semangat juang, dan keyakinan di dalam setiap langkah politik atas dasar terang ideologi Pancasila,” ujar Sekjen DPP PDI Perjuangan, Sabtu (23/1/2021).

Buku "Merawat Pertiwi, Jalan Megawati Soekarnoputri Melestarikan Alam" ditulis selama 2 tahun oleh Kristin Samah dan Maria Karsia dengan prolog dari Hasto Kristiyanto dan epilog Sonny Keraf. .

Hasto menuturkan, dengan buku tersebut, nampak kuat bagaimana dengan mencintai bumi, melalui tradisi menanam, Megawati melakukan kontemplasi. Menanam penuh dengan falsafah kehidupan, dan dengan menanam kita tidak hanya mencintai alam raya dan seisinya. 

Dengan menanam tanaman, kata Hasto, Megawati memberikan oksigen bagi kehidupan. "Seluruh gerak mencintai alam raya dan seisinya tersebut, kini bertransformasi menjadi kultur Partai. Setiap anggota dan kader PDI Perjuangan, tergerakkan oleh tradisi beliau untuk ikut menjaga dan mencintai bumi,” ujarnya.

Karena itulah, lanjutnya, ulang tahun Megawati juga diisi dengan gerakan menanam pohon dan membersihkan sungai. 

Hanya saja, kata Hasto, mengingat adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat  (PPKM) di Jawa-Bali, maka hadiah ultah ke Megawati dengan gerakan jaga bumi tsb hanya dilaksanakan di luar Jawa Bali. 

“Menanam sebagai jalan hidup, agar alam raya berada dalam keseimbangan yang asri, indah, dan lestari terus kami perkuat sebagai bagian bentuk dedikasi PDI Perjuangan pada Sang Pencipta, Tuhan Yang Maha Kuasa,” tuturnya.

Hasto menambahkan, dengan mengingat terjadinya pandemi Covid-19 dan kebijakan PPKM dari pemerintah, maka ulang tahun Ibu Mega tidak dirayakan secara khusus. 

Sementara itu, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Sri Untari menuturkan kesannya terhadap sosok Megawati. Kata dia, Bu Mega merupakan perempuan hebat dan berani yang menjadi inspirator.

"Beliau perempuan hebat, guru kami, inspirator kami agar kami jadi perempuan mandiri dan pemberani serta bertanggung jawab terhadap dirinya dan bangsanya," ujar Sri Untari.

Menurut anggota DPRD Provinsi Jawa Timur ini Megawati bukan perempuan biasa. Namun perempuan dengan genealogi trah pemimpin besar yaitu Bung Karno. Perjalanan karir seorang Megawati begitu lengkap. Mulai dari ketua umum partai, anggota DPR RI, wakil presiden, hingga presiden.

Megawati-PDIP.jpg

Megawati yang lahir di Yogyakarta, 74 tahun lalu juga menjadi Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia, dan Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

"Selamat ulang tahun Ibu kami tercinta (Megawati Soekarnoputri). Panjang umur penuh manfaat, senantiasa sehat, kuat dan membimbing kami tanpa henti. Baktimu pada negeri akan menjadi teladan bagi kami semua. Kami akan senantiasa mengikuti jejak kebaikan ibu. Semoga Allah SWT senantiasa menjaga ibu di manapun berada," ucap Sri Untari dari PDI Perjuangan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES