Peristiwa Nasional

BNPB: Januari 2021, 185 Bencana Merenggut 166 Nyawa, Lebih 1200 Luka-luka

Sabtu, 23 Januari 2021 - 10:50 | 42.54k
Bencana Gempa yang terjadi di Sulawesi Barat. (FOTO: Setkab RI)
Bencana Gempa yang terjadi di Sulawesi Barat. (FOTO: Setkab RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyampaikan, dari awal Januari hingga Kamis (21/1/2021) kemarin, sudah tercatat ada 185 bencana terjadi di Indonesia. Ratusan bencana tersebut, terbanyak adalah bencana banjir sekitar 127 kejadian, diikuti 30 kejadian longsor.

Selain itu, BNPB juga mengungkapkan, korban yang jatuh juga terbilang tak sedikit. Setidaknya, 166 orang meninggal dunia. Lebih 1.200 orang mengalami luka-luka dan mereka yang harus mengungsi atau meninggalkan tempat tinggalnya sudah lebih dari 1,3 juta orang.

BNPB membandingkan bencana dengan Januari 2020 lalu, yang tercatat mencatat ada 297 bencana. Itu sudah termasuk banjir di kawasan Jakarta dan sekitarnya. Dan longsor di sejumlah daerah lain. Untuk korban, pada 2020 kemarin, merenggut nyawa lebih sedikit yakni 91 orang.

Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati meminta, agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan adanya bencana yang akan meningkat hingga bulan Maret 2021.

Faktor cuaca dan iklim, termasuk puncak musim hujan, akan memasuki puncaknya di bulan Januari dan Februari. "Potensi kegempaan juga meningkat, mohon kewaspadaan masyarakat," ujar BMKG soal bencana di Indonesia yang juga menjadi perhatian BNPB. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES