Peristiwa Daerah

Tingkatkan Minat Baca, Pemkab Indramayu Bentuk Gerbang Maca

Jumat, 22 Januari 2021 - 21:28 | 54.86k
Kunjungan Komisi X DPR RI ke perpustakaan di Kabupaten Indramayu. (Foto: Diskominfo Kabupaten Indramayu)
Kunjungan Komisi X DPR RI ke perpustakaan di Kabupaten Indramayu. (Foto: Diskominfo Kabupaten Indramayu)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Gerakan Pengembangan Indramayu Membaca (Gerbang Maca) merupakan salah satu upaya Pemkab Indramayu untuk meningkatkan minat, kegemaran, budaya baca dan pengembangan perpustakaan.

Menurut Plt. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Indramayu, Dadang Rusyanto, dalam program unggulan Gerbang Maca ini, terdapat 8 ruang lingkup yakni layanan perpustakaan umum, layanan internet gratis, kegiatan pelibatan masyarakat, kunjungan pemustaka usia dini, layanan perpustakaan keliling ke sekolah terpencil dan terjauh, membaca 15 menit sebelum belajar, sudut baca dan perpustakaan terintegrasi.

"Gerbang Maca merupakan upaya menumbuhkan kegemaran membaca masyarakat, sesuai dengan Perda Nomor 3 tahun 2018," ujarnya, Jumat (22/1/2021).

Selain Gerbang Maca, Dadang melanjutkan untuk inovasi layanan perpustakaan di masa pandemi Covid-19, pihaknya mengoptimalkan layanan online perpustakaan umum Kabupaten Indramayu melalui akses perpustakaan digital Indramayu.

"Juga ada pemberitahuan pengembalian buku melalui integrasi otomasi dengan No WA Pemustaka," tuturnya.

Kemudian, lanjutnya, juga diadakan podcast literasi Indramayu, yakni kegiatan tentang diskusi khusus yang berkelanjutan dengan tema-tema yang menarik, inspiratif, dan unik seputar dunia literasi, serta konten lokal budaya Indramayu yang disiarkan secara santai namun penuh makna.

"Dan melakukan layanan chat halo pustaka melalui laman website yang terintegrasi dengan pustakawan. Serta optimalisasi media sosial baik instagram, facebook, twitter dan youtube," jelasnya.

Sedangkan menurut Asisten Administrasi Pemkab Indramayu, Suwenda Asmita, Pemerintah Kabupaten Indramayu juga melalui Kepbup Nomor 041.2/Kep.337-KAD/2002 tentang pembentukan perpustakaan kecamatan, kelurahan/desa.

“Dengan Kepbup ini, berarti kita sudah sejak 19 tahun lalu menyadari perlunya menumbuhkan kegemaran membaca masyarakat baik di desa maupun kecamatan,” jelasnya.

Selain itu, tambahnya, ada pula pemberian bantuan buku dan perlengkapan perpustakaan kepada 150 desa kelurahan/desa, 20 ponpes, 50 rumah ibadah, 31 kecamatan, 31 UPTD Pendidikan, dan 49 puskesmas.

“Kami juga mengalokasikan APBD untuk pelayanan perpustakaan di tahun 2021 ini senilai 1,1 miliar,” kata Suwenda mewakili Pemkab Indramayu yang juga mempunyai program Gerbang Maca. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES