Peristiwa Daerah

Tiga Pilar OPOP Mampu Bangkitkan Ekonomi Jatim

Jumat, 22 Januari 2021 - 20:03 | 50.12k
Sekertaris Jendral OPOP Jatim, Muhammad Ghofirin saat menjadi narasumber di TIMES to Inspiring, Kamis (21/1/2020). (Foto: Khusnul Hasana/TIMES INDONESIA)
Sekertaris Jendral OPOP Jatim, Muhammad Ghofirin saat menjadi narasumber di TIMES to Inspiring, Kamis (21/1/2020). (Foto: Khusnul Hasana/TIMES INDONESIA)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – One Pesantern One Product atau yang biasa disingkat OPOP adalah salah satu program unggulan Gubernur Jawa Timur. OPOP Jatim memiliki tiga pilar yakni santripreneur, pesantrenpreneur dan sosiopreneur, dari 3 pilar tersebut santri dan pesantren diharapkan mampu membangkitkan perekonomian di Jatim.

“Kita ingin meningkatkan kesejahteraan di Jatim, bagaimana caranya? Kita berdayakan pilarnya, siapa itu? Santri, kita sebut santripreneur. Yang kedua pesantrennya, institusinya, kita sebut pesantrenpreneur, yang ketiga alumninya kita sebut sosiopreneur. Dari ketiga pilar ini kita berdayakan. Nah dampaknya kita harap akan meluas ke masyarakat,” ujar Sekertaris Jendral OPOP Jatim, Muhammad Ghofirin saat menjadi narasumber di TIMES To Inspiring, kemarin Kamis (21/1/2021).

Ghofirin mengatakan bahwa potensi pesantren di Jawa Timur sangat luar biasa, di Jatim ada 6000 pesantren. Satu pesantren bisa dihuni oleh 15.000 santri. Sehingga, dengan jumlah santri dan pesantren yang cukup banyak tersebut, santri dan pesantren bisa menjadi motor penggerak ekonomi bagi masyarakat sekitar melalui program OPOP.

“Banyak usaha dari pesantren yang tidak diketahui oleh masyarakat. Mereka taunya pesantren ini hanya tempat untuk ngaji dan menimba ilmu saja kan. Kita ingin perekonomian disentrakan di pesantren, bagaimana para santri juga dibekali ilmu ekonomi, dibekali jiwa kewirausahaan agar ada bekal ketika dia lulus,” ujar Ghofirin

Sejak OPOP Jatim mulai diluncurkan pada 2019 lalu ada sebanyak 350 Pesantren yang telah menjadi bagian dari OPOP Jatim. Targetnya hingga 2023 nanti ada 1000 pesantren yang turut menjadi bagian dari OPOP Jatim. Sehingga, diharapkan target peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat pun tercapai.

Ingin tahu lebih jelas? Simak penjelasan lain tentang tiga pilar OPOP Jatim, anda dapat saksikan di TIMES Podcast pada chanel YouTube Times to Inspiring. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES